Saturday, May 25, 2024
spot_img

Potensi Ekowisata Mangrove Nipah Aceh Barat Dipaparkan ke Menparekraf Sandiaga Uno

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Aceh Barat, Dr Kurdi, memaparkan potensi ekowisata mangrove nipah di Kabupaten Aceh Barat saat melakukan audiensi dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno, di Jakarta pada Kamis (26/1/2023) lalu.

“Pertemuan itu bertujuan untuk membahas rencana pengembangan ekowisata mangrove nipah yang terletak di Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat,” kata Kurdi.

Menurutnya, ekowisata nipah merupakan salah satu potensi wisata unggulan yang dimiliki Kabupaten Aceh Barat dan diprediksi dapat menarik minat wisatawan lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke daerah tersebut.

Potensi Ekowisata Mangrove Nipah Aceh Barat Dipaparkan ke Menparekraf Sandiaga Uno
Potensi Ekowisata Mangrove Nipah Aceh Barat Dipaparkan ke Menparekraf Sandiaga Uno. (Foto: Dok. Diskominsa Aceh Barat)

“Sekaligus meningkatkan pertumbuhan ekonomi kreatif dan menumbuhkan geliat usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bagi masyarakat Aceh Barat,” ujarnya.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda Aceh Barat Marhaban menjelaskan secara rinci potensi ekowisata mangrove nipah Aceh Barat yang dapat menjadi destinasi wisata baru di wilayah barat selatan Aceh dan juga dapat merangsang pertumbuhan ekonomi masyarakat dan UMKM di wilayah itu.

“Sedangkan untuk pelaksanaan teknisnya dipaparkan oleh Kepala PUPR,” ujar Marhaban.

Ia mengatakan dari Aceh, hanya ada dua kabupaten yang diundang yakni Aceh Barat dan Aceh Tengah dan masing-masing kabupaten diberikan waktu presentasi selama lima menit.

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik usulan potensi ekowisata nipah tersebut. Menurutnya, untuk mewujudkan pembangunan ekowisata nipah Samatiga di Aceh Barat harus melibatkan seluruh stakeholder, termasuk dukungan penuh dari semua elemen masyarakat.

Pada kesempatan itu, Sekda Aceh Barat didampingi sejumlah pejabat daerah lainnya juga menyerahkan secara simbolis usulan proposal dan detail engineering design ekowisata mangrove nipah Aceh Barat kepada Menparekraf Sandiaga Uno. []

SITI AISYAH

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU