Saturday, June 22, 2024
spot_img

Plah Ulee Leumo Meriahkan Festival Meugang

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Festival Meugang yang digelar di Peunayong dimeriahkan dengan Lomba Plah Ulee Leumo (membelah kepala lembu), Senin 20 Agustus 2018. Lomba unik ini baru pertama kali digelar di Banda Aceh, menyedot perhatian masyarakat.

Dalam lomba plah ulee leumo ini yang dinilai adalah kecepatan peserta dalam menguliti kulit dan membelah kepala Lembu serta memisahkan dagingnya dari tulang. Selain itu, kebersihan daging yang dihasilkan juga menjadi penilaian dari dewan juri.

Ada delapan peserta yang ikut serta, dan rata-rata mereka mampu menyelesaikan tugasnya kurang dari 30 menit saja. Suasana semakin meriah dengan kehadiran Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman yang memborong seluruh daging kepala lembu milik para peserta. “Ini dagingnya saya borong semuanya plus untuk bumbu Kuah Beulangong-nya. Nanti semua yang ada di sini silahkan menikmatinya bersama-sama,” kata Aminullah.

Pihak panitia menyediakan hadiah bagi juara 1, 2, dan 3 dengan uang tunai masing-masing Rp 1 juta, Rp 600 ribu, dan Rp 400 ribu.

Menurut Aminullah, tradisi meugang telah diwarisi dari generasi ke generasi selama ratusan tahun telah menguatkan Aceh dalam berbagai hal termasuk sektor pariwisata. “Apalagi meugang ini tak ada di daerah lain, cuma ada di Aceh, menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.”

Kata Aminullah, pihaknya bersepakat untuk menjadikan Festival Meugang sebagai event tahunan, dan akan digelar lebih besar lagi. “Harapannya festival ini dapat menjadi salah satu daya tarik wisata islami di Banda Aceh di samping Masjid Raya Raya Baiturrahman, zikir akbar, dan wisata ziarah.” []

 

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU