Wednesday, January 22, 2020

Perludem Raih Penghargaan Ormas Terbaik Bidang Tata Kelola Pemerintahan

Must Read

Baduy, Catatan Perjalanan Ekspedisi Indonesia Biru [2]

KAMI menghela motor dari Jakarta menuju Rangkasbitung, 1 Januari 2015. Hujan datang dan pergi sepanjang perjalanan. Tujuan pertama menyambangi kampung...

Lima Fotografer Gelar Pameran di Museum Tsunami

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Sebanyak 60 foto karya lima fotografer Aceh akan dipamerkan di Museum Tsunami dan Taman...

Kandaskan Vietnam, Indonesia ke Final Piala AFF

BANDA  ACEH | ACEHKITA.COM – Tim Nasional Indonesia lolos ke babak final Piala AFF Suzuki Cup 2016, setelah berhasil...

Fariz RM Hibur Warga Banda

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Fariz RM dan gitaris Slank, Abdee, tampil prima dalam pagelaran Soundversity yang digelar AMild...
Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Perkumpulan untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) meraih penghargaan kategori Ormas terbaik tahun 2019 di Bidang Tata Kelola Pemerintahan dalam acara bertajuk “Penganugerahaan Penghargaan Ormas Tahun 2019 – Untuk Indonesia Maju”, di Jakarta, Senin (25/11/2019).

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sebagai penyelanggara dan yang memberikan penghargaan, menilai, Perludem menjadi bagian penting dari penguatan organisasi masyarakat sipil dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Penghargaan ini untuk semua kerja keras kawan-kawan pegiat Perludem beserta seluruh jejaringnya. Ini merupakan sebuah rekognisi negara yang tidak diperoleh hanya dalam satu dua hari,” kata Direktur Eksekutif Perludem, Titi Anggraini dalam siaran pers yang diterima acehkita.com.

Titi mewakili lembaga Perludem mengucapkan banyak terima kasih kepada para pihak terkait dan yang telah mendukung Perludem dalam capaian penganugrahan ini.

Menurutnya, tidak mudah bagi Perludem untuk bisa bertahan di tengah guguran gerakan masyarakat sipil.

“Semoga capaian hingga kini bisa lebih mendorong aktivisme Perludem pada tahun-tahun panjang pengabdian dengan karya yang produkyof dan kontributif,” ujarnya.

Titi berharap, penghargaan ini merupakan tanda bahwa Kemendagri yang kini dipimpin Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian bisa mengapresiasi positif kegiatan dan rekomendasi Perludem dalam perbaikan tata kelola pemerintahan. Salah satunya adalah mengenai pilkada langsung.

“Semoga Kemendagri sebagai lembaga pimpinan Mendagri Tito Karnavian bisa menerima rekomendasi Perludem dan teman-teman lembaga masyarakat sipil untuk mempertahankan pilkada langsung,” katanya.

Mempertahankan Pilkada langsung merupakan pilihan tepat dalam tata kelola pemerintahan untuk perbaikan presidensial Indonesia.

Perludem bersama Koalisi Masyarakat Sipil UU Pemilu sebelumnya telah merekomendasikan desain pemilu serentak nasional dan pemilu serentak lokal.

Pemilu serentak nasional adalah menggabungkan pemilu presiden, DPR, dan DPD. Setelah presiden terpilih, di tengah periode menjabatnya ada pemilu serentak daerah yaitu menggabungkan pilkada langsung dengan Pemilu DPRD.

Pilkada langsung dengan Pemilu DPRD penting menjadi evaluasi sistemik agar tetap berkomitmen pada konstitusi dan peraturan perundang-undangan melalui visi misi dan programnya. Tanpa pilkada langsung, tak ada evaluasi sistemik bagi presiden selama menjabat.

Selain Kategori Tata Kelola Pemerintahan, berikut kategori lain dan para penerima penghargaannya: Bidang Pendidikan: Yayasan Selamat Pagi Indonesia; Bidang Pemberdayaan Perempuan: Perkumpulan Kapal Perempuan; Bidang Penanggulangan Bencana: Yayasan IDEP; Bidang Kebudayaan: Yayasan Kebudayaan Rancage; Bidang Kesehatan: Yayasan Thalassaemia Indonesia; Bidang Lingkungan Hidup: Yayasan Pendidikan Konservasi Alam; Bidang Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat: Lembaga Pengembangan Sumber Daya Mitra (LPSDM). Pemerintah Daerah sebagai Pembina Ormas: 1. Provinsi: Jawa Timur; 2. Kabupaten: Rejang Lebong, Bengkulu; dan 3. Kota: Palopo, Sulawesi Selatan. Penghargaan Khusus Bakti Sepanjang Masa untuk Indonesia: 1. Mathlaul Anwar; 2. Aisyiah; 3. Muslimat NU; dan 4. Kongres Wanita Indonesia.[]

RILIS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

TERBARU

Djulaidi Kasim Jabat Plt Kakanwil Kemenag Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Menteri Agama RI Jenderal (Purn) Fachrul Razi menunjuk Drs Djulaidi Kasim, M. Ag sebagai...

Pemerintah Aceh Sampaikan Duka Cita atas Meninggalnya Bupati Bireuen

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Pemerintah Aceh menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Bupati Bireuen, Saifannur, di Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Kota...

Bupati Bireuen Saifannur Meninggal Dunia

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM -- Bupati Bireuen, Saifannur, dikabarkan meninggal dunia di Rumah Sakit Siloam Dhirga Surya, Kota Medan, Sumatera Utara. Ia menghembuskan nafas...

Panglima Militer Thailand Belajar Penanganan Konflik dan Teken Kerja Sama di Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Panglima Angkatan Darat Kerajaan Thailand atau Royal Thailand Army (RTA), Jenderal Apirat Kongsompong, melakukan kunjungan ke Aceh, pada Selasa...

Bruno Dybal Resmi Diperkenalkan sebagai Pemain Persiraja di Liga 1

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM - Manajemen Persiraja Banda Aceh secara resmi memperkenalkan Bruno Dybal sebagai pemain barunya di Liga 1 2020. Bruno Dybal merupakan...

More Articles Like This