Peringatan BMKG: Gelombang Tinggi Capai 3 Meter di Perairan Aceh

0
132

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dalam 3 hari terakhir, perairan Aceh berpotensi dilanda gelombang tinggi mencapai 3 meter. Hal ini sesuai peringatan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Masyarakat Aceh terutama nelayan diminta waspada.

“Potensi gelombang laut tinggi di wilayah perairan barat-selatan Aceh, Samudera Hindia bagian barat Aceh, dan sekitarnya yang dapat mencapai 3 meter,” kata Zakaria, Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Minggu (27/9).

Menurutnya, untuk perairan Sabang, Banda Aceh, dan utara-timur Aceh, ketinggian gelombang laut mencapai 0,5 hingga 1,5 meter. Di bagian utara Sabang setinggi 1 hingga 2,5 meter. Selanjutnya di Selatan Malaka bagian utara setinggi 0,5 hingga 2 meter.

“Memang gelombang masih agak tinggi, tapi tidak tergolong ekstrem. Perlu kewaspadaan, terutama untuk wilayah yang berpotensi tinggi gelombang maksimumnya 2,5 meter atau lebih,” ujar Zakaria.

Zakaria menjelaskan, ketinggian gelombang dipengaruhi faktor angin yang relatif masih kencang. Ini disebabkan karena sedang masa peralihan dari musim kemarau ke musim hujan dan juga memasuki masa peralihan dari angin barat ke angin timur.

Masyarakat nelayan diminta selalu membawa alat keselamatan yang memadai serta alat komunikasi saat mencari ikan. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.