Friday, May 20, 2022
spot_img

Perempuan Asal Aceh Tamiang Terinfeksi Corona Tanpa Gejala, Total Kasus Jadi 39

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Seorang perempuan asal Kabupaten Aceh Tamiang berinisial SS (27 tahun) dinyatakan positif terinfeksi virus corona setelah keluar hasil swab dari Balai Litbangkes Aceh, Sabtu (20/6). SS berstatus orang tanpa gejala (OTG) yang terkonfirmasi positif Covid-19.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani (SAG), mengatakan virus corona kembali menginfeksi satu warga Kabupaten Aceh Tamiang, setelah sebelumnya menjangkiti lima warga di kabupaten itu, dan kemudian sehat kembali. Kali ini virus asal Kota Wuhan, Tiongkok, itu menyasar perempuan umur 27 tahun berinisial SS.

“Penderita Covid-19 yang ke-6 di Kabupaten Aceh Tamiang, atau kasus ke-39 bagi Aceh itu mengaku tidak memiliki riwayat perjalanan ke daerah penularan lokal di dalam maupun luar negeri, dan secara kasat mata tidak menunjukkan gejala telah terinfeksi virus corona,” ujar SAG dalam keterangannya, Sabtu (20/6) sore.

Ia menjelaskan, perempuan SS baru menyadari virus corona telah menjangkiti tubuhnya dari hasil rapid test massal yang digelar kantornya pada 12 Juni 2020. “Ia pun masuk dalam klasifikasi Orang Tanpa Gejala (OTG) yang reaktif rapid test dan langsung melakukan isolasi mandiri di rumahnya,” katanya.

Kemudian untuk uji konfirmasi, sambung SAG, Tim Medis Gugus Tugas Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang mengambil swab nasofaring dan orofaring terhadap SS dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh. Hasil Pemeriksaan dengan real time polymerase chain reaction (RT-PCR) pada Sabtu (20/6), SS terkonfirmasi positif COVID-19.

Saat ini Tim Surveilans Gugus Tugas Covid-19 sedang bekerja untuk mengungkap asal-usul virus corona yang menginfeksi SS. SAG menyebut, orang terdekat SS, suami dan ibunya telah diperiksa dengan rapid test, tapi tidak menunjukkan indikasi mengidap virus. Hasil rapid test kontak erat SS tersebut nonreaktif.

“Tim surveilans sedang menelusuri lebih jauh lagi orang-orang yang memiliki kontak erat dengan SS untuk di-rapid dan diambil swab-nya,” kata SAG seperti dilaporkan Jubir Covid-19 Pemkab Aceh Tamiang, Agusliayana Devita.

Dengan terkonfirmasi perempuan SS positif terinfeksi virus corona, kata SAG, data kumulatif Covid-19 di Aceh bertambah menjadi 39 kasus per Sabtu (20/6/2020). Ia merincikan, dari total 39 kasus tersebut, sebanyak 20 orang sudah sembuh, 17 orang dalam perawatan di rumah sakit rujukan atau isolasi mandiri di bawah pengawasan medis, dan 2 orang meninggal dunia.

SAG menambahkan, sementara jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) di seluruh Aceh hingga hari ini sudah mencapai 2.231 orang. “Tidak ada penambahan ODP baru hari ini. ODP dalam pemantauan sebanyak 128 orang dan sudah selesai pemantauan 2.103 orang,” sebutnya.

Adapun total Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Aceh hingga saat ini berjumlah 116 kasus. Dari jumlah tersebut, kata SAG, PDP yang masih dirawat di rumah sakit rujukan sebanyak 2 orang. Sisanya 113 PDP lainnya sudah sembuh dan 1 orang meninggal dunia pada 25 Maret 2020 lalu.

“Temuan demi temuan kasus Covid-19 dalam dua pekan terakhir semakin banyak di Aceh. Kami kembali mengimbau masyarakat untuk mengikuti imbauan menjalankan protokol kesehatan secara lebih disiplin. Sayangi keluarga dan orang tersayang di sekitar Anda,” ujar SAG.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,501FollowersFollow
23,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU