Sunday, December 10, 2023
spot_img

Pengurus FASKI UIN Ar-Raniry Dilantik

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Pengurus Forum Alumni Sejarah dan Kebudayaan Islam (FASKI) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry periode 2022-2024 resmi dilantik, Kamis (23/2/2023). Pengukuhan berlangsung di Aula Museum Teater Kampus UIN Ar-Raniry, Darussalam, Kota Banda Aceh.

Pengukuhan tersebut dipimpin langsung Dekan Fakultas Adab dan Humaniora (FAH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Syarifuddin. Ikut hadir Wakil Dekan II FAH, Sanusi dan Wakil Dekan III FAH, Ajidar Matsyah.

Mereka yang dikukuhkan adalah Jovial Pally Taran sebagai ketua umum, Miftahul Ardy sebagai sekretaris umum, Desi Ulvia sebagai bendahara umum dan puluhan jajaran pengurus lainnya.

Dalam sambutannya, Dekan FAH UIN Ar-Raniry, Syarifuddin mengucapkan selamat kepada para pengurus yang dilantik. Ia berharap, para pengurus ini dapat bersinergi dalam memajukan kampus.

Selain itu, Syarifuddin juga berpesan kepada para alumni untuk menggali setiap potensi yang ada di diri masing-masing, tidak mesti sesuai konsentrasi ilmu yang dimiliki.

“Tidak mungkin semua bercita-cita menjadi profesor, saudara-saudara harus mampu memperkokoh potensi diri masing-masing, apakah menjadi desainer, reporter dan lain sebagainya,” katanya.

Ketua Prodi SKI, Hermansyah berharap para alumni jurusan tersebut untuk berperan aktif dalam mempromosikan kampus, terutama program studi SKI.

Lulusan Aligarh Muslim University, India itu juga mengajak para alumni untuk aktif menulis, baik di media sosial maupun media arus utama.

Apalagi, lulusan SKI menguasai berbagai konsentrasi ilmu sejarah dan budaya, seperti antropologi, filologi, dan lain sebagainya.

“Sejarah ini tidak melulu kuno, kita harus menyesuaikan dengan perkembangan zaman, manfaatkan teknologi sekarang ini yang sangat canggih,” ajak Hermansyah.

Selain itu, filolog dan ahli manuskrip Aceh-Nusantara itu juga berharap para alumni untuk menjaga hubungan silaturahmi sesama lulusan yang kini sudah tersebar di berbagai daerah di Indonesia.

“Jaga dan rawat jaringan ini, demi kesuksesan bersama,” tegas Hermansyah.

Zulfahmi, Ketua FASKI UIN Ar-Raniry periode sebelumnya mengucapkan selamat kepada ketua dan jajaran pengurus yang dilantik. Ia berharap para pengurus ini memberi kontribusi bagi kemajuan kampus dan Aceh umumnya.

“Sebentar lagi akan dilaksanakan PKA, saya berharap FASKI ikut berperan dalam kegiatan ini,” kata Zulfahmi.

Ketua FASKI UIN Ar-Raniry 2022-2024, Jovial Pally Taran mengajak para pengurus untuk meningkatkan sinergitas dan solidaritas demi kemajuan organisasi.

Usai pelantikan, Jovial Pally berharap FASKI ikut serta dalam berbagai kegiatan-kegiatan sosial, kebudayaan dan pendidikan. Di hadapan para dekanan, Jovial secara terbuka menyatakan siap bersinergi dengan fakultas dalam rangka mempromosikan kampus tersebut.

“Selain kegiatan sosial, saya berharap ruang silaturahmi ini terus dibuka, kita tahu alumni SKI saat ini tersebar di berbagai provinsi di Tanah Air, nah hubungan silaturahmi ini jangan putus,” kata Dosen STAIN Meulaboh itu.

Kegiatan pelantikan tersebut juga dirangkai dengan bedah buku berjudul From Fears To Tears (Dari Ketakutan Menjadi Air Mata).

Buku yang ditulis Dosen SKI, Prof Abdul Manan bersama Abdul Hadi dan Iping Rahmat itu membahas tentang tiga peristiwa pelanggaran HAM di Aceh saat masa konflik.

Hadir sebagai pembahas yaitu Nab Bahany AS dan Fauzan Santa. Kegiatan ini diikuti oleh seratusan peserta, baik yang hadir langsung ke lokasi maupun melalui online. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU