Saturday, June 22, 2024
spot_img

Pemilik Pabrik Sabu Dituntut Hukuman Mati

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Jaksa Penuntut Umum Kejaksaan Negeri Banda Aceh dalam menuntur agar Pengadilan Negeri menghukum mati pemilik pabrik sabu, Sofyan.

Tuntutan itu disampaikan JPU dalam persidangan lanjutan dengan terdakwa Sofyan, narapidana Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Banda Aceh, Rabu (11/11/2015). Sebelumnya, Sofyan divonis 19 tahun penjara dalam kasus sabu dan menjalani hukuman di LP Banda Aceh. Tapi, ia keluar LP dan membuat sabu di rumahnya di kawasan Neusu.

JPU Mairia Efita Ayu dalam tuntutannya meminta agar majelis hakim yang dipimpin Eddy agar menjatuhi hukuman mati terhadap Sofyan.

“JPU meminta majelis hakim menjatuhkan hukuman kepada terdakwa dengan hukuman mati,” ujar Mairia.

Pada persidangan itu, JPU membeberkan beberapa hal yang memberatkan Sofyan sehingga dituntut hukuman mati. Di antaranya, Sofyan memproduksi dan mengedarkan sabu, sedangkan ia masih berstatus sebagai narapidana dalam kasus yang sama.

“Tidak ada hal yang meringankan,” ujarnya.

Sofyan ditangkap polisi pada 12 Januari 2015 di rumahnya, Neusu, Kecamatan Baiturrahman. Bersamanya, polisi menemukan satu ons sabu dan alat peracik serbuk putih itu. Sofyan sendiri ditahan di LP Klas II setelah dipindahkan dari LP Cipinang pada 2013 lalu. Pengadilan Negeri Jakarta memvonis Sofyan dengan hukuman 19 tahun penjara.

Kuasa hukum Sofyan akan mengajukan pembelaan secara tertulis pada persidangan selanjutnya. “Mohon diberikan waktu tiga minggu, Yang Mulia,” ujar kuasa hukum.

Namun, majelis hakim hanya memberikan waktu penyusunan pembelaan hingga 23 November nanti. []

GHAISAN | FOTO: Ilustrasi, Reza Juanda/ACEHKITA.COM

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU