Monday, May 20, 2024
spot_img

Pemerintah Aceh Akan Penuhi Tuntutan Imigran Tamil

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Pemerintah Aceh menyatakan akan memenuhi permintaan para imigran Tamil, Srilanka, yang terdampar di perairan Lhoknga, Aceh Besar. Permintaan itu berupa bahan bakar solar, oli, makanan, minuman, dan perbaikan kapal.

Imigran Tamil terdampar di Lhoknga sejak Sabtu pekan lalu. Pada Ahad, otoritas telah membantu 1.000 liter solar dan pasokan logistik serta perbaikan mesin. Namun, mereka menolak meninggalkan perairan Lhoknga dan meminta tambahan bahan bakar menjadi 7.000 liter.

Otoritas Aceh bersikeras sebanyak 44 imigran Tamil tidak diizinkan mendarat di Aceh karena alasan keamanan dan ketiadaan dokumen perjalanan, selain tujuan mereka mencari suaka politik bukan ke Indonesia tapi ke Chrismast Island.

Hingga pukul 11.00 WIB hari ini, para imigran masih tertahan di dalam kapal yang kandas di pasir Pantai Kapuk, Lhoknga.

Nasib mereka ditentukan oleh memo Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla, yang memerintahkan Pemerintah Aceh untuk mengizinkan pengungsi itu mendarat di Aceh. Wapres juga meminta Aceh untuk membantu makanan, bahan bakar, dan perbaikan kapal.

Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Frans Delian menyebutkan, Pemerintah Aceh yang merupakan perpanjangan tangan Pusat akan menyikapi secara bijak keberadaan pengungsi Srilanka.

“Pemerintah Aceh akan membantu fasilitasi perbaikan mesin kapal, 7 ton bahan bakar, oli 20 liter, dan tambahan bekal makanan dan minuman,” ujar Frans kepada acehkita.com, Kamis pagi.

Saat ini, bahan bakar, oli, dan makanan sudah dipersiapkan Pemerintah Aceh di dekat lokasi kapal terdampar. Selain itu, Pemerintah Aceh juga memfasilitasi tenaga medis untuk memeriksaan kesehatan para pengungsi yang telah sebulan berada di laut.

Setelah itu, mereka akan dikawal kembali ke perairan internasional. “Kita menyarankan mereka kembali ke negara asal,” lanjut Frans.

Mengenai apakah diizinkan pengungsi turun ke darat, acehkita.com belum berhasil mengonfirmasi pejabat Imigrasi Kelas I Banda Aceh. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU