Pembangunan 39 Unit Rumah Komunitas Adat Terpencil di Sikundo Dimulai

0
550
Pembangunan 39 Unit Rumah Komunitas Adat Terpencil di Sikundo Dimulai
Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah meletakkan batu pertama pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil di Gampong Sikundo, Kabupaten Aceh Barat, Senin 15 Juli 2019. (Foto: Humas Setda Aceh)

MEULABOH | ACEHKITA.COM – Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah meletakkan batu pertama pembangunan 39 unit rumah Komunitas Adat Terpencil (KAT), dan penyalaan lampu listrik pertama di Gampong Sikundo, Kecamatan Pantee Ceureumen, Kabupaten Aceh Barat, Senin (15/7/2019).

Tiba di Gampong Sikundo sekira pukul 11.15 WIB, Nova Iriansyah bersama rombongan disambut dengan prosesi peusijuk oleh tokoh adat setempat, setelah menempuh perjalanan kurang lebih 60 kilometer dari jalan nasional Meulaboh-Banda Aceh.

Usai melakukan peletakan pertama, Nova Iriansyah menyatakan, perencanaan untuk pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil di Sikundo memang sudah lama direncanakan jauh-jauh hari, dan hari ini baru terealisasi.

“Setelah adanya KAT, hadirnya MCK, listrik, maka nanti akan disusul dengan aksesibilitas yang juga akan kita perbaiki,” kata Nova.

Dengan adanya pembangunan rumah Komunitas Adat Terpencil, Nova berharap kepada masyarakat Sikundo agar tetap nyaman dan tidak berencana pindah ke daerah lain, karena pemerintah akan terus meningkatkan infrastruktur dan fasilitas sosial dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Mungkin yang akan saya dulukan terlebih dahulu adalah memperbaiki akses jalan yang layak jadi jangan ada lagi jalan yang naiknya ekstrem turunnya ekstrem tadi ada saya lihat satu titik tadi,” ujarnya.

Menurutnya, untuk memperbaiki itu tidak perlu dengan program APBN, APBA atau APBK, karena juga bisa dilakukan dengan bantuan CSR, gotong royong masyarakat bersama TNI dan Polri.

“Itu dalam waktu dekat akan saya lakukan dengan kawan-kawan dan yang paling penting penduduk tambah betah tinggal di Sikundo,” sebut Nova.

Kepala Dinas Sosial Aceh, Alhudri, menyampaikan terima kasih atas kerja sama yang baik antar pihak baik itu dari PT Mifa Bersaudara yang melalui CSR-nya sudah mau membantu pembuatan MCK untuk masyarakat Sikundo. “Begitu juga dengan PLN dan Dinas ESDM, sehingga masyarakat desa ini bisa merasakan listrik,” kata Alhudri.

Sementara itu Bupati Aceh Barat, Ramli, mengucapkan terima kasih atas bantuan rumah KAT, listrik dan MCK oleh Pemerintah Aceh, PLN dan PT Mifa Bersaudara. “Semoga bantuan ini terus berlanjut, orang di sini tidak banyak namun bisa menggoyang nasional. Kami sangat berterimakasih dan berharap bantuan ini terus berlanjut,” sebutnya.[RIL]

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.