Ghaisan/ACEHKITA.COM

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Konsultan kanker anak Rumah Sakit Dharmais dr. Edi Setiawan Tehuteru, menyebutkan, orang tua memiliki peran penting dalam mendeteksi gejala kanker pada anak. Kanker pada anak lebih sulit dikenali ketimbang pada orang dewasa.

Gejala kanker yang sering ditemui pada anak yaitu kanker bola mata atau retinoblastoma. “Karenanya, penting bagi orang tua untuk mengetahui dan mewaspadai gejala kanker pada anak mengingat baru satu jenis yang dapat dideteksi secara dini,” ujar Edi pada seminar dan edukasi kanker anak di Aula Balaikota Banda Aceh, Selasa (14/4/2015).

Deteksi dini untuk retinoblastoma dinamakan ‘lihat merah’. Pemeriksaan ini tidak harus dilakukan di rumah sakit besar, karena juga dilakukan seorang tenaga kesehatan yang telah dilatih sebelumnya.

“Di Puskesmas pun bisa diperiksa dengan menggunakan alat yang disebut ophthalmoscope, suatu alat untuk melihat bagian dalam dari mata anak,” ungkap Edi.

Menurut Edi, kanker pada anak lebih sulit dicegah. Karenanya, orang tua diminta untuk mewaspadai dan mengenai gejala kanker pada sang anak.

Untuk mencegah terjadinya kanker, sebut Edi, orang tua harus mengajarkan pola hidup dan pola makan sehat kepada anak.

Lanjut Edi, bila orang tua mencurigai anaknya terkena kanker, sebaiknya orangtua segera membawanya ke rumah sakit dan mengkonfirmasi apakah gejala yang dijumpai benar kanker atau bukan. Selanjutnya dokter akan melakukan upaya pemeriksaan awal tergantung dari gejala yang timbul. []

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.