Saturday, March 2, 2024
spot_img

O2SN 2018: Bali Sabet 32 Medali, Aceh Bawa Pulang 6 Medali

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Tim Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) 2018 dari Aceh pada Sabtu (22/9) sore dengan membawa pulang 6 medali. Sementara Bali yang berhasil menyabet gelar juara umum O2SN XI meraih 32 medali dari 448 medali yang diperebutkan selama 16-22 September 2018 di Yogyakarta.

Kepulangan para siswa yang berasal dari berbagai kabupaten di Aceh itu melalui Bandara Sultan Iskandar Muda Blang Bintang disambut Kepala UPTD Balai Tekkomdik, Syarbaini, mewakili Kepala Dinas Pendidikan Aceh.

Dilansir laman resmi Disdik Aceh, dari 6 medali yang dibawa pulang tersebut, masing-masingnya ialah 2 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Kedua medali emas untuk Aceh itu dipersembahkan Muhammad Takwallah Nagata dari cabang Karate Kumite 50 kg putra dan oleh Kasmah dari cabang renang 100 m gaya bebas putri.

Sedangkan dua medali perak diraih dari cabang pencak silat-tanding putri (38-40) atas nama Eka Safitri dan cabang atletik lari 800 m Putri atas nama Riswani. Sementara medali perunggu diraih M. Nafis Syiraz pada cabang bulutangkis tunggal putra dan Rima Bengi dari cabang pencak silat-tanding putri.

Disebutkan, Kepala Dinas Pendidikan Aceh menyatakan rasa bangga atas prestasi tersebut. Dia mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas perjuangan berat yang telah dilakukan. Juga kepada kepala sekolah, para guru, dan panitia O2SN di Aceh yang telah melakukan persiapan serius sehingga tim Aceh bisa meraih prestasi yang membanggakan.

“Ini prestasi untuk kemajuan pendidikan kita bersama,” ujar Syarbaini yang mewakili Kepala Dinas pada penyambutan tim O2SN Aceh di Bandara SIM, Blang Bintang.

Dikatakannya, olimpiade olahraga siswa nasional merupakan ajang untuk membina dan mengembangkan bakat olahraga di kalangan para siswa, mulai dari SD hingga SMA. Kegiatan ini juga mempunyai misi membentuk karakter tangguh dan menanamkan sikap sportivitas sejak dini.

Bali Juara Umum O2SN 2018
Pelaksanaan O2SN 2018 di Yogyakarta telah resmi ditutup oleh Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, di GOR Amongrogo, Jumat (21/9) malam. Provinsi Bali terpilih sebagai juara umum pada perhelatan O2SN XI.

Dikutip dari laman resmi Pendidikan DIY, Bali berhasil mendapatakan 17 medali emas, 4 medali perak, dan 11 perunggu, mengungguli Jawa Tengah di peringkat kedua dengan perolehan 16 emas, 7 perak, dan 9 perunggu. Meski total medali yang didapatkan sama dengan Bali, yakni sama-sama 32, tapi Provinsi Bali lebih unggul perolehan medali emas.

Selanjutnya yang masuk 5 besar perolehan medali O2SN 2018 ialah Jawa Barat yang terpilih sebagai juara ketiga dengan perolehan 14 emas, 15 perak dan 15 perunggu. Adapun juara bertahan Jawa Timur harus puas di urutan empat dengan perolehan 14 emas, 11 perak dan 13 perunggu. Tuan rumah DIY sendiri berposisi di peringkat kelima meraih 11 emas, 10 perak dan 19 perunggu.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU