Sunday, December 5, 2021
spot_img

Muzakir Manaf Lepas Tukik di Pulau Banyak: Penangkaran Penyu Harus Terus Dilakukan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Ketua Umum KONI Aceh, Muzakir Manaf yang akrab disapa Mualem, melakukan pelepasan tukik hasil penangkaran ke laut lepas di Pantai Gampoeng Teluk Nibung, Kecamatan Pulau Banyak, Aceh Singkil, Rabu (30/9/2020). Menurutnya, konservasi penyu harus terus dilakukan sehingga dapat terus berkembang dan tidak punah.

Kegiatan pelepasan anak penyu itu merupakan salah satu dari rangkaian kunjungan Mualem ke Singkil dalam rangka pelantikan KONI Singkil. Ia turut melakukan kunjungan ke Pulau Banyak guna memantau perkembangan wilayah kepulauan eksotis yang ada di Aceh tersebut.

Seusai melihat perkembangan pariwisata dan menerima banyak keluhan dan masukan dari tokoh masyarakat setempat, Mualem berkesempatan melepaskan hewan yang dilindungi tersebut bebas ke laut lepas.

Tukik yang dilepaskan Mualem itu merupakan hasil penjagaan penyu yang dilakukan oleh masyarakat Gampoeng Teluk Nibung di bawah pembinaan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). Anak penyu yang baru menetas dijaga ketat oleh masyarakat setempat dari gangguan predator dan pencurian telur penyu.

“Penangkaran penyu ini harus terus dilakukan, sehingga ke depan penyu dapat terus berkembang dan tidak punah,” kata Mualem. Ia turut didampingi Sekretaris Umum KONI Aceh, M. Nasir; dan Ketua Umum KONI Singkil, Jafriadi. Hadir pula Ketua KPA Aceh Singkil Sarbaini alias Agam.

Lebih lanjut, Mualem menyarankan agar pelepasan tukik di Pulau Banyak dapat dikemas semenarik mungkin dan disosialisasikan sampai ke mancanegara, sehingga lebih diketahui lagi oleh para turis dan para pemerhati lingkungan.

“Pulau Banyak memang sudah dikenal keindahannnya ke mancanegara. Pelepasan tukik ini akan jadi atraksi wisata baru dan menyedot turis dalam dan luar negeri, akhirnya dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Pulau Banyak,” ujar Mualem.[RIL]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,973FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU