Thursday, June 13, 2024
spot_img

Museum Tsunami Aceh dan Jepang Jalin Kerjasama

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Museum Tsunami Aceh dan Pemerintah Jepang bersepakat menjalin kerjasama di bidang penyebarluasan dan pendidikan mengenai informasi tsunami. Kesepakatan kerjasama itu telah ditandatangani Januari lalu. Untuk mempererat kerjasama itu, kedua belah pihak telah saling berkunjung ke Aceh dan Jepang.

Kemarin, Gubernur Wakayama Nisaka Toshinobu menyambangi Aceh sebagai balasan terhadap kunjungan Gubernur Aceh Zaini Abdullah dan Kepala Museum Tsunami Aceh Tommy Mulya Hasan ke negeri sakura itu pada Maret lalu.

“Saya telah berkunjung ke Aceh pada bulan November  tahun lalu, dan juga berziarah ke kuburan massal untuk mengenang korban tsunami Aceh,” tutur Nisaka saat berada di Museum Tsunami Aceh, Ahad.

Kunjungan kali ini sekaligus sebagai momentum peringatan kesepakatan perjanjian antara Inamura No Hi No Yakata yang merupakan museum tsunami di Kota Hirogawa, Prefektur Wakayama, Jepang, dengan Museum Tsunami Aceh, yang telah disepakati pada 16 Januari 2016 di Jepang.

“Dalam kunjungan bapak kepala Museum Tsunami Aceh, sudah dilakukan penandatangan perjanjian, untuk membuktikan adanya kerjasama dengan Museum Inamura yang ada di Hirogawa,” lanjutnya.

Kerjasama itu meliputi pengenalan informasi terkait tsunami, termasuk sejarah, budaya, dan pendidikan mengenai pencegahan bencana; dan pertukaran informasi tentang mitigasi bencana.

Seperti diketahui, Jepang dan Aceh merupakan kawasan yang sering dilanda gempa dan bencana, termasuk potensi tsunami.

Kunjungan ini juga melahirkan sebuah “Japan Corner” di Museum Tsunami Aceh. Di sana, pengunjung bisa memperoleh pelbagai informasi mengenai bencana, tsunami, gempa, dan masyarakat serta budaya Jepang.

Nisaka Yoshinobu mengaku senang dapat berkunjung kembali ke Aceh, dan berharap dengan adanya kerjasama antara Aceh dan Jepang, dapat meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pencegahan tsunami.

Selain itu, ia juga ingin agar kerjasama antara Indonesia dan Jepang lebih baik lagi. []

RISMAYANTI | FOTO: Oviyandi Emnur/Sumberpost.com

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU