Tuesday, February 7, 2023
spot_img

MPU: Ulama Berperan Penting Perkokoh Moral dan Spiritual

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Ulama memiliki peran yang strategis dalam memperkokoh sendi-sendi etika, moral dan spiritual, serta berfungsi untuk mencerahkan, mencerdaskan dan membimbing umat kepada yang lebih baik.

Pernyataan tersebut disampaikan Wakil Ketua III Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh, Tgk. Hasbi Albayuni saat menutup secara resmi kegiatan Pendidikan Kader Ulama (PKU) Angkatan 1 Tahun 2018 di Banda Aceh, Rabu (1/8).

“Kita harapkan dari peserta PKU ini kelak akan menjadi pemimpin di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya. Kegiatan PKU angkatan 1 tersebut dilaksanakan selama 40 hari, mulai 23 Juni hingga 1 Agustus 2018.

Menurutnya, saat ini muncul semacam kekhawatiran dari ulama-ulama Aceh, juga dari tokoh-tokoh Islam terhadap krisisnya ulama.

“Karena dari satu sisi banyaknya ulama kharismatik yang dipanggil oleh Allah swt, namun tidak dibarengi dengan lahirnya ulama-ulama muda yang setara ataupun mendekati ulama yang telah meninggal,” ujar Abi Hasbi atau lebih dikenal dengan sebutan Abi Bayu.

“Ketika ulama yang meninggal, ini tidak ada yang menggantikan, maka itu merupakan suatu kekhawatiran kita semua,” sebutnya.

Di samping itu, Abi Bayu juga berharap dari kegiatan PKU akan lahir para ulama yang berkualitas. “Besar harapan kita semua akan lahir para ulama yang tersebar di seluruh wilayah Aceh, ulama yang mumpuni yang mempunyai wawasan keislaman yang luas. Karena dengan hadirnya ulama seperti itu, maka dakwah islamiyah akan terus berjalan dan berkualitas,” pungkasnya.

3 Peserta Terbaik

Utusan MPU Kota Langsa, Tgk. Rizal Ikhsan berhasil meraih peringkat pertama sebagai peserta terbaik dengan nilai 91,54. Adapun utusan MPU Kota Banda Aceh atas nama Tgk. Tuanku Muhammad berhak atas peringkat kedua dengan nilai 90,36. Sedangkan peringkat ketiga diraih oleh Tgk. Said Mursalin utusan MPU Aceh Utara dengan nilai 88,54.

Tuanku Muhammad mewakili para peserta PKU dalam penyampaian kesan dan pesan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pemateri dan panitia yang selama ini telah membimbing mereka agar menjadi kader Ulama Muda masa depan Aceh. “Besar harapannya juga agar program seperti ini bisa terus ada dan didukung oleh pemerintah Aceh. Sudah saatnya program seperti ini terus dilaksanakan di Aceh agar semakin banyak generasi Aceh yang akan menjadi kader-kader Ulama,” sebutnya.

Dalam acara penutupan PKU tersebut turut hadir Wakil Ketua MPU Aceh, Abu Muhammad Daud Zamzamy, Dr. Abdullah Sani sebagai pemateri, Perwakilan BPSDM Aceh dan Kapolsek Darul Imarah, Aceh Besar.[]

RISMAYANTI

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,725FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU