Friday, August 12, 2022
spot_img

MJC AJI Banda Aceh Kembali Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sekolah jurnalistik Muharram Journalism College (MJC) yang didirikan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Kota Banda Aceh kembali membuka penerimaan mahasiswa baru. Setelah sempat terhenti karena pandemi Covid-19, sekolah jurnalistik pertama di Aceh itu kembali membuka kelas untuk tahun ajaran 2022/2023.

Kepala Sekolah MJC, Reza Munawir, mengatakan masa pendaftaraan mahasiswa baru angkatan ke-17 dibuka mulai 1 hingga 21 Agustus 2022. Ada empat kelas yang dibuka yaitu jurusan menulis cetak/online, televisi, foto jurnalistik, dan info grafis.

“Sekolah MJC kini kembali kita buka. Bagi yang berminat ingin belajar atau memperdalam ilmu jurnalistik sudah bisa mendaftar lagi,” kata Reza, Senin (1/8/2022).

Reza menyebutkan, MJC didirikan oleh AJI Kota Banda Aceh yang diresmikan pada 22 November 2008 lalu. Selain menjadi pintu masuk sebagai jurnalis profesional, MJC juga menjadi tempat bagi siapa saja yang ingin memperdalam ilmu jurnalistik.

“Sekolah MJC ini sudah banyak melahirkan jurnalis-jurnalis profesional yang tersebar di berbagai media baik lokal maupun nasional. Tak hanya itu, juga ada di bidang humas, perfilman, serta konten kreator,” ujarnya.

MJC AJI Banda Aceh Kembali Buka Penerimaan Mahasiswa Baru

Ia menjelaskan, pembelajaran MJC tahun ini akan berlangsung selama enam bulan sejak September 2022-Februari 2023. Konsepnya, satu bulan pertama mahasiswa akan menerima materi kuliah umum tentang jurnalistik, kemudian pendalaman, dan selanjutnya program magang.

“Satu bulan untuk mata kuliah umum, dua bulan pendalaman materi terkait jurusan yang dipilih, dan dua bulan selanjutnya mahasiswa akan dimagangkan di media-media, serta satu bulan terakhir evaluasi atau ujian akhir,” sebutnya.

Reza menambahkan, seiring melihat perkembangan media maka ada yang berbeda dari sebelumnya yaitu sekolah MJC kali ini membuka kelas info grafis.

“Kelas info grafis merupakan jurusan baru yang kita buka, kelas ini nantinya akan diajarkan langsung oleh Tauris Mustafa,” ujarnya.

Untuk proses pembelajaran sendiri, kata Reza, berlangsung secara tatap muka selama empat jam dalam sepekan pada Jumat siang dan Sabtu pagi. Namun demikian, para mahasiswa tidak melulu belajar di dalam ruangan tetapi mereka akan belajar praktik langsung di lapangan.

“Selain belajar di ruangan, mahasiswa juga akan mengikuti belajar praktik lapangan di luar ruangan seperti meliput peristiwa, wawancara, pengambilan gambar dan mengedit,” jelasnya.

Pendaftaran bisa diakses melalui bit.ly/daftarmjc atau dengan menghubungi WhatsApp 085281963128 serta email [email protected] []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,582FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU