Monday, April 15, 2024
spot_img

Menangkal Bibir Kering dan Pecah-pecah Saat Berpuasa

KEKURANGAN cairan saat berpuasa dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah.vPolesan lipstik pun menjadi kurang indah, terutama untuk lipstik dengan tampilan matte. Kondisi ini mampu mengurang kesegaran wajah Anda saat berpuasa.

Berikut ini sejumlah cara untuk mengatasinya.

1. Air putihPakar kesehatan menyarankan untuk meminum 8 gelas air putih dalam sehari untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Anda memang tidak diperbolehkan minum di siang hari, untuk itu Anda perlu memenuhi kebutuhan cairan setelah berbuka dan sebelum imsak.

2. Lip balmGunakan lip balm yang mengandung pelembab agar bibir tetap lembut dan tidak pecah-pecah. Ulangi penggunaan jika bibir mulai kering kembali.

3. ScrubbingGula pasir dapat dijadikan bahan lip scrub yang murah-meriah. Cukup gosokkan gula pasir ke permukaan bibir secara perlahan, gosokkan dengan gerakan memutar, lalu bilas dengan air hangat. Tekstur gula pasir yang kasar ampuh mengangkat sel-sel kulit mati di permukaan bibir.

4. Sikat gigiSikat gigi tidak hanya berfungsi untuk membersihkan kuman-kuman di gigi, tapi juga untuk melembutkan bibir dan mengangkat sel-sel kulit mati. Basahi bulu sikat, lalu gosokkan ke permukaan bibir dengan gerakan memutar. Hati-hati, pastikan Anda menggosok bibir secara perlahan agar tidak melukai kulit bibir. Lakukan setiap pagi hari.

5. Hindari menjilat bibirAir liur bisa melembabkan bibir? Ini anggapan yang salah. Kebiasaan menjilat bibir justru dapat meningkatkan kekeringan. Air liur yang mengering memicu retakan pada bibir sehingga permukaan bibir menjadi pecah-pecah.

6. Lembabkan bibir dengan kain basahAlih-alih membasahi bibir dengan air liur, biasakan untuk melembabkan bibir dengan kain basah. Basahi sapu tangan dengan air bersih, lalu tepukkan perlahan pada permukaan bibir.

7. Cukupi asupan vitaminPastikan tubuh Anda mendapat asupan vitamin B, zat besi dan asam lemak Omega 3 yang berguna untuk kelembutan kulit, termasuk kulit bibir. Tutup rutinitas makan sahur Anda dengan mengonsumsi multivitamin yang memiliki ketiga kandungan ini. [tabloidbintang.com]

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU