Friday, January 27, 2023
spot_img

Menag Tutup Kunjungan Kerja di Aceh dengan Orasi Ilmiah di UIN Ar-Raniry

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Menutup rangkaian kunjungan kerjanya di Aceh, 9-14 Desember 2020, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengisi orasi ilmiah dan pembinaan ASN di Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry, Banda Aceh.

Di kampus UIN Ar-Raniry, Menag Fachrul Razi mengatakan Aparatur Sipil Negara (ASN) ibarat awak kapal besar yang diberi amanah mulia dengan tangung jawab yang diemban.

Menurut Menag, kapal yang diawaki ASN itu dinamakan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). “Ibarat kapal yang tengah berlayar maka kapal itu adalah negara dan ASN adalah orang yang terpilih untuk berada di kapal menuju tempat yang diharapkan. Sebagai awak kapal mereka harus memiliki komitmen dan dedikasi yang sangat tinggi agar kapal bisa mencapai tujuan yang diharapkan,” kata Menag melansir laman resmi Kemanag RI, Senin (14/12)

“Jangan sampai kapal yang bernama NKRI tenggelam dan karam karena prilaku ASN yang tidak baik,” sambungnya.

Menag pun berpesan kepada ASN untuk selalu berpegang teguh pada ideologi Pancasila yang menjadi petunjuk arah pelayaran kapal menuju tempat yang diharapkan.

“Jangan sampai kita diceraiberaikan oleh paham-paham apa pun yang akan merobek NKRI. Jangan ada ASN yang menjadi pengkhianat Pancasila, tidak pantas mereka menjadi ASN bila berkhianat pada Pancasila,” sebutnya.

Ditambahkan Menag, ASN harus militan dan satu nafas. Tidak boleh terjebak dalam rutinitas, ASN harus kreatif dan inovatif. ASN adalah representasi wajah negara. Jika ASN santun dan berlaku adil, saling menghargai, maka negara akan dianggap baik.

“ASN Kemenag layaknya memakai baju putih. Noda sekecil apa pun pasti akan terlihat. ASN Kemenag jangan sekali kali korupsi. ASN juga adalah bagian dari solusi bukan masalah,” pesan Menag

Hadir dalam pembinaan ASN, Rektor UIN Ar Raniry Banda Aceh H. Warul Walidin dan jajaran, Penasihat DWP Kemenag RI Anni Fachrul Razi, Kakanwil Kemenag Aceh Iqbal, Forkopimda Pemprov Aceh, Stafsus Menag Jul Effendi dan Sesmen Thobib Al Asyar

Pada kesempatan itu, Menag juga meresmikan dan menandatangani Rumah Moderasi Beragama dan Gedung SBSN. Sementara prasasti PAUD UIN Ar Raniry, ditandatangani Penasihat DWP Kemenag RI Anni Fachrul Razi.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,711FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU