Wednesday, April 10, 2024
spot_img

Mahasiswa Statistika USK Perkuat Desa Cantik bersama BPS Kota Banda Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 33 mahasiswa Jurusan Statistika FMIPA Universitas Syiah Kuala (USK) memulai program belajar bersama dengan masyarakat Gampong Geuceu Iniem, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh. Program belajar bersama ini adalah bagian dari Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2024 bersama Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Banda Aceh.

Selama satu semester, sekitar 4-6 bulan ke depan, mahasiswa Statistika USK tersebut akan belajar bersama warga gampong lewat berbagai kegiatan untuk mendukung Gampong Geuceu Iniem sebagai ‘Desa Cantik’ alias desa/gampong ‘Cinta Statistik’.

Kegiatan MBKM Program Studi S1 Statistika USK ini ditandai dengan penyerahan mahasiswa di balee Gampong Geuceu Iniem, Kecamatan Banda Raya, Banda Aceh, Kamis (22/2/2024). Acara ini dihadiri berbagai pihak, di antaranya Kepala BPS Kota Banda Aceh, Camat Banda Raya, Keuchik Geuceu Iniem beserta aparat gampong, dan dosen pembimbing serta mahasiswa MBKM Mengabdi Desa Jurusan Statistika USK.

Sekretaris Jurusan Statistika USK, Marzuki, dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan rasa bangga atas partisipasi mahasiswa Jurusan Statistika dalam program MBKM ini, serta mengharapkan dukungan dari pihak desa dan instansi terkait, dalam hal ini BPS Kota Banda Aceh, demi kelancaran dan kesuksesan kegiatan MKBM Proyek Desa (Desa Cantik) 2024 tersebut.

Menurutnya, kegiatan penyerahan yang berlangsung mulai pukul 09.00 WIB menunjukkan komitmen USK dalam mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

“MBKM merupakan inisiatif untuk memberikan kebebasan kepada mahasiswa dalam menentukan jalannya pembelajaran, memilih mata kuliah, dan mengembangkan diri sesuai dengan minat dan bakat masing-masing. MBKM juga diharapkan lebih mendekatkan kampus dengan warga masyarakat hingga ke tingkat gampong,” jelasnya.

Sambutan hangat juga disampaikan oleh Kepala BPS Kota Banda Aceh, Tedi Herliawan, yang menyampaikan apresiasi kepada Gampong Geuceu Iniem yang sangat antusias menyambut Program MBKM Desa Cantik.

Camat Banda Raya, Rahmad Khadafi, juga menyampaikan harapan kepada mahasiswa MBKM dan BPS untuk dapat mengaplikasikan ilmu statistik di lapangan sehingga data yang diperoleh dapat digunakan untuk membangun desa.

Penyerahan mahasiswa MBKM secara simbolis dilakukan oleh Sekretaris Jurusan Statistika kepada Keuchik Gampong Geuceu Iniem, Izuddin, disaksikan para tamu dan undangan yang hadir.

Dalam sambutannya, Keuchik Geuceu Iniem menyatakan dukungan penuh terhadap inisiatif MBKM dan berharap program ini dapat memberikan dampak positif bagi mahasiswa serta masyarakat luas, khususnya warga dan aparat Gampong Geuceu Iniem.

Jurusan Statistika USK lewat Koordinator Kemahasiswaan, Latifah Rahayu Siregar, menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan berpartisipasi dalam kegiatan ini. “Semoga program MBKM terus menjadi wahana bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi dan minatnya dalam mencapai pendidikan yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya.

Wildatunnisa mewakili para mahasiswa peserta MBKM Mengabdi Desa Jurusan Statistika USK menyampaikan antusiasme mereka mendapat kesempatan belajar bersama masyarakat di Gampong Geuceu Iniem.

“Lewat program MBKM ini kami berharap bisa belajar bersama di tengah-tengah masyarakat. Sehingga ilmu kami lebih teruji dan relevan dengan kebutuhan rakyat,” kata Wildatun yang bangga bisa belajar di Statistika USK yang merupakan Prodi S1 Statistika pertama di Sumatra.

Program S1 Statistika USK dikenal sebagai program studi Statistika/Matematika terbaik di Indonesia menurut salah satu pemeringkatan dunia berdasarkan program studi. USK sendiri adalah perguruan tinggi terbaik di Sumatra dan PTN terbaik ke-6 di Indonesia menurut pemeringkatan tersebut. USK bahkan telah ditabalkan sebagai PTN terbaik ke-3 Indonesia dalam hal publikasi ilmiah berkualitas.[ril]

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU