Liga Santri Nusantara Zona Aceh Digelar Awal September

0
1517
Liga Santri Nusantara

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Liga Santri Nusantara (LSN) Regional Sumatera 1 Aceh tahun 2018 segera bergulir di Stadion Krueng Mane, Kecamatan Muara Batu, Aceh Utara, 1-10 September mendatang.

Dikutip dari laman resmi NU Online, disebutkan hingga Selasa (21/8) hari ini sebanyak 32 tim akan ikut berlaga dalam kompetisi tersebut. Meski demikian, panitia masih membuka pendaftaran hingga technical meeting di Stadion Krueng Mane, hingga Minggu (26/8) pukul 14.00 WIB.

Koordinator Regional LSN Sumatera 1 Aceh, Iskandar Zulkarnaen, mengatakan, kepastian jumlah tim yang akan ikut dalam LSN tersebut baru diketahui saat technical meeting. Sebab, menurutnya, pada saat technical meeting dayah yang ikut serta diminta untuk membawa berkas pendaftaran sekaligus mengikuti kegiatan tersebut.

“Jadi jumlah tim yang ikut bisa saja lebih dari 32 atau kurang dari itu,” ujarnya.

Pada technical meeting, lanjut Iskandar, setiap tim harus diwakili oleh pelatih atau manajer. Untuk pelaksanaan liga tersebut, panitia regional terus merampungkan berbagai persiapan.

“Kick-off pada 1 September mendatang rencananya akan dihadiri Staf Khusus Presiden KH Abdul Ghaffar Rozin, Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Ketua DPRA, dan sejumlah anggota DPR RI,” sebutnya.

Sementara Pembina LSN yang juga tokoh olahraga, Zulfadli H Zulkifli (Adek Krueng Mane) menyatakan, pihaknya bersama masyarakat Krueng Mane terus melakukan persiapan untuk pelaksanaan LSN tersebut terutama tempat pertandingan.

“Kami akan berusaha menjadi tuan rumah LSN 2018 yang baik. Ke depan, kami berharap LSN bisa menjadi event tahunan yang dilaksanakan di Stadion Krueng Mane yang merupakan salah satu stadion kebanggaan masyarakat Aceh Utara,” ujar Adek.

Liga Santri Nusantara merupakan kompetisi resmi yang dilaksanakan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Untuk pelaksanaan secara nasional yang diikuti santri dari seluruh Indonesia, kompetisi ini terlaksana atas kerja sama Kemenpora RI dengan Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) Nahdlatul Ulama.

Untuk pelaksanaan di tingkat regional Aceh, dijelaskan, kepanitiaannya Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Aceh. RMI NU bekerja sama dengan Pemerintah Aceh melalui Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Aceh serta Dinas Pendidikan Dayah Aceh.

Pengurus PWNU Aceh yang terlibat dalam kepanitiaan antara lain disebutkan Tgk H Faisal Ali (Ketua) dan Sekretaris Tgk Asnawi M Amin. Selain itu, Ketua RMI NU Aceh Tgk Muchlis Abdullah, Ketua PC NU Aceh Utara Tgk Fadli Landeng, dan Ketua PC NU Lhokseumawe Tgk Rizwan Haji Ali.[]

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.