Laga Pembuka, Prancis Kalahkan Rumania

0
1756

TIM nasional tuan rumah, Prancis, mempecundangi Rumania dengan skor 2-1. Bermain di hadapan pendukungnya di Stadion Stade de France, Sabtu dinihari tadi, tim Prancis tampil penuh percaya diri pada laga pembuka Piala Eropa (Euro) 2016.

Kemenangan ini membuat tim berjulukan Les Bleus ini memimpin klasemen Grup A. Kemenangan Prancis dipengaruhi oleh sokongan penuh dari publik tuan rumah.

Prancis tidak meraih kemenangan ini dengan mudah. Pasalnya, tim nasional Rumania memberikan perlawanan sengit. Sejumlah serangan Prancis mampu dipatahkan oleh tampilan prima para pemain Rumania.

“Rumania membuatnya rumit,” kata pelatih Prancis Didier Deschamps seperti dilansir BBC. “Selama 20 hingga 25 menit pertama, kami mengalami kesulitan. Pertandingan pembuka turnamen menjadi seperti laga final dan kami agak ragu-ragu.”

Seperti dilaporkan BBC, Usai turun minum, Deschamps menambah daya gedor timnas Prancis dengan memasang empat pemain di lini depan. Taktik itu terbukti jitu. Pada menit ke-58, Olivier Giroud menyambut umpan silang Payet dengan tandukan yang berakhir di jala gawang Rumania.

Namun, Rumania belum takluk. Selang tujuh menit kemudian, Bogdan Stancu menjebol gawang Prancis melalui tendangan di titik putih setelah Patrice Evra menjatuhkan Nicolae Stanciu di dalam kotak penalti.

Laga sepertinya berakhir imbang. Akan tetapi, semenit menjelang penghujung pertandingan, Payet melepas tendangan ke pojok kiri gawang Rumania. Skor pun 2-1 untuk timnas Prancis.

Saat digantikan pada menit-menit akhir, Payet menangis haru. Publik tuan rumah berdiri memberikan tepuk tangan.

“Emosi keluar berbarengan dengan terciptanya gol. Begitu banyak stres, begitu besar tekanan. Jika seseorang memberi tahu saya sebelumnya bahwa pertandingan akan berakhir demikian, rasanya saya tidak akan percaya,” kata Payet, yang membela West Ham United di Liga Primer, kepada kantor berita AFP.

Di sisi lain, pelatih Rumania Anghel Iordanescu tak bisa menahan kekecewaan lantaran tidak bisa meraih satu angka untuk hasil imbang.

“Sakit rasanya kalah saat pertandingan memasuki menit ke-89. Tendangan yang bagus dari pemain hebat,” kata Iordanescu. []

BBC

ACEHKITA.COM mendapatkan bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.