Saturday, March 2, 2024
spot_img

Kunjungan Kerja ke Aceh, Kepala Basarnas Cek Kesiapan Personel dan Alut SAR

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas), Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito, beserta rombongan melakukan kunjungan kerja Ke Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh, Selasa (17/11). Kunjungan kerja tersebut untuk melihat langsung kesiapan personel dan alat utama (alut) SAR di Aceh.

Kepala Basarnas dalam sambutannya menyampaikan ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh personel Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh. “Saya bangga dengan Kantor Pencarian dan Pertolongan Banda Aceh,” ujarnya.

Didampingi para pejabat eselon I dan II, Kepala Basarnas mengatakan bahwa ia bangga dengan seluruh personel Kantor SAR Banda Aceh yang penuh semangat dan selalu berada di garis depan dalam setiap kegiatan kemanusiaan.

“Seperti yang kita ketahui keberadaan Kantor Pencarian dan Pertolongan Aceh sangat penting, selain luasnya daratan dan lautan, Aceh juga berbatasan langsung dengan negara tetangga yang juga sering meminta bantuan kepada kita. Kalian harus bangga menjadi personil Basarnas karena kalian bekerja untuk tugas kemanusiaan yang sangat mulia,” kata Bagus.

Dalam pelaksanaan operasi pencarian dan pertolongan, Bagus menambahkan bahwa Basarnas tidak bisa bekerja sendiri untuk itu sangatlah penting membina komunikasi dan meningkatkan koordinasi dengan instansi ataupun potensi SAR setempat. Tidak hanya itu, ia juga mengingatkan kepada seluruh personil agar senantiasa menjaga dan memelihara peralatan SAR yang dimiliki oleh kantor.

“Nanti kantor pusat akan mengirim rigid inflatable boat (rib), perahu karet, dan double cabin. Semua peralatan ini tentunya harus dipelihara dan dijaga dengan sebaik-baiknya agar selalu berfungsi dengan baik untuk keberhasilan pelaksanaan operasi SAR,” sambungnya.

Usai memberikan pengarahan, Kepala Basarnas bersama rombongan meninjau langsung peralatan SAR yang ada di kantor serta kapal KN SAR Kresna 232 di Pelabuhan Ulee Lheue, Banda Aceh.

Bertemu langsung dengan seluruh kru kapal Kabasarnas berpesan agar seluruh personel baik yang berada di kapal maupun di kantor untuk selalu menjaga kesehatan, tetap berolahraga, dan terus disiplin terhadap protokol kesehatan.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU