KMA Mesir Sambut 74 Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar Kairo Asal Aceh

KMA Mesir Sambut 74 Mahasiswa Baru Universitas Al-Azhar Kairo Asal Aceh
Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir menyambut 74 mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Kairo asal Aceh. (Foto: Dok. KMA)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Keluarga Mahasiswa Aceh (KMA) Mesir menyambut kedatangan 74 mahasiswa baru Universitas Al-Azhar Kairo asal Aceh setiba pada Minggu (24/1). Penyambutan rombongan mahasiswa asal Serambi Makkah berlangsung di Meuligoe KMA Mesir, Hayy Asyir, Kairo.

Di Meuligoe Aceh, calon mahasiswa baru Al-Azhar Kairo itu diberikan arahan awal terkait pendaftaran ulang dan informasi tentang kondisi terkini Mesir. Tim KMA Mesir memberikan gambaran umum dan menjelaskan tahapan-tahapan yang harus dilalui sebagai mahasiswa baru di sana.

“Pihak KMA Mesir sendiri membentuk panitia khusus yang bertugas untuk menyiapkan seluruh keperluan terkait penjemputan, tempat tinggal, dan segala keperluan mahasiswa baru di Mesir. Di sini, kami juga bekerja sama dengan IKAT Aceh agar terjalin komunikasi yang baik,” ujar Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru, Chalil Bishri, dalam keterangan yang diterima acehkita, Selasa (26/1).

Chalil menyebut, KMA Mesir juga mempersiapkan Orientasi Mahasiswa Baru (Ormaba) yang akan menjelaskan lebih detail persoalan yang berkaitan dengan Universitas Al-Azhar, kehidupan sosial, KMA, dan segala hal yang berkaitan dengan Mesir.

“Di samping itu, KMA Mesir juga mempersiapkan bimbingan belajar di setiap fakultas demi menunjang nilai akademik mahasiswa baru KMA Mesir,” sebutnya.

Menurut Chalil, rombongan mahasiswa asal Aceh ini seharusnya sudah tiba di Mesir pada Desember tahun lalu. Namun, proses kedatangan mahasiswa baru itu mengalami berbagai kendala akibat kebijakan terkait penyebaran virus corona.

Ia menyampaikan, para mahasiswa tersebut baru bisa berangkat pada Sabtu (23/1) melalui Bandar Udara Sultan Iskandar Muda Aceh lalu transit di Jakarta. Dalam perjalanan dari Aceh ke Jakarta, rombongan didampingi sejumlah perwakilan dari Ikatan Keluarga Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh.

Selanjutnya, rombongan mahasiswa baru Al-Azhar Mesir asal Aceh transit lagi di Dubai dan kemudian tiba di Bandara Internasional Kairo pada pukul 11.00 siang waktu Kairo.

Sementara itu, Ketua KMA Mesir Fikri Aslami menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak khususnya kepada IKAT Aceh yang sudah membantu proses pemberangkatan mahasiswa baru Al-Azhar asal Aceh.

“Setelah mahasiswa baru ini tiba di Mesir, mereka menjadi tanggung jawab KMA Mesir. Kami berharap 74 mahasiswa baru ini dapat belajar dan menuntut ilmu dengan baik sehingga menjadi kader yang membumikan syariat Islam di Aceh,” ujarnya.[FJ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.