Kisah Fatiya Alya, Siswa Yatim berprestasi Penghafal 13 Juz Al-Qur’an

Fatiya Alya saat wisuda khatam 13 juz Al-Qur'an. Dok. IKAT Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Fatiya Alya Nalla namanya, siswa berprestasi penghafal 13 juz Al-Qur’an. Saat itu, remaja putri itu mondok di Dayah Baitul Arkam, Sibreh, Aceh Besar.

Alya adalah anak dari (Alm) Saifullah Arka dan Rita, berasal dari Desa Alue Kaul, Kecamatan Rantau Selamat, Kabupaten Aceh Timur. Selain menghafal Al-Qur’an, dia juga berprestasi sebagai peringkat pertama di kelas 2 Tsanawiyah.

Pada Rabu 8 April 2021 lalu, tim Kafalah Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh, mengunjungi Alya di Dayah Baitul Arqam. Tim memberikan ucapan selamat dan hadiah kepadanya yang telah berhasil mendapatkan peringkat pertama di kelas.

Alya, merupakan salah satu anak asuh HM Fadhil Rahmi Lc, senator DPD RI asal Aceh di bawah Kafalah Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Aceh.

Kisah tentang Alya sempat menarik perhatian masyarakat di Aceh, pada 20 Juni 2020 lalu, saat Syech Fadhil menjumpai Alya dan Rita di pedalaman Rantau Selamat. Lalu mengangkatnya menjadi anak asuh.

Menurut Syech Fadhil, (alm) Saifullah, ayahnda Alya, adalah sahabatnya semasa aktif di KNPI Aceh. Syech Fadhil meminta Alya menjadi anak asuhnya agar pendidikannya terus berlalu. Saat itu Alya lansung di pindahkan ke dayah Darul Arkam.

Alya sendiri saat itu, mengaku senang mendapat perhatian dari senator DPD RI tersebut. Ia mengaku bercita-cita menjadi penghafal Al-Qur’an dan melanjutkan pendidikan tinggi nanti di timur tengah. “Alhamdulillah. Saya aminkan,” kata Syech Fadhil saat itu.

Kini setahun berselang, harapan Syech Fadhil dan cita-cita Alya mulai terwujud. Alya telah menghafal 13 juz Al-Qur’an serta meraih rangking pertama di semester pertama.

Alya termasuk dalam 18 santri Dayah Baitul Arqam Sibreh yang telah mengkhatamkan 10-17 juz Al-Qur’an diwisuda pada Rabu 7 April 2021. Dari 18 santri tersebut terdiri atas enam santri dari Madrasah Aliyah dan 12 santri dari Madrasah Tsanawiyah.

“Alhamdulillah, saya senang saat anak-anak asuh saya menjadi siswa berprestasi,” ujar Syech Fadhil. Senator asal Aceh ini sendiri memiliki belasan anak asuh di seluruh Aceh. Umumnya adalah yatim piatu dan keluarga miskin. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.