Friday, August 12, 2022
spot_img

Kini Unsyiah Miliki 56 Guru Besar

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Universitas Syiah Kuala kembali mengukuhkan tiga Guru Besar melalui Sidang Senat Terbuka yang dipimpin oleh Rektor Unsyiah Prof Samsul Rizal di Gedung AAC Dayan Dawood, Darussalam, Kamis (27/9). Dengan bertambahnya tiga guru besar yang baru dikukuhkan ini, kini Unsyiah sudah memiliki 56 guru besar.

Ketiga guru besar yang dikukuhkan itu adalah Prof Mahidin, Prof Muhammad Adam dan Prof Mohammad Andalas. “Dengan pengukuhan ini maka jumlah total Guru Besar di Unsyiah menjadi 56 orang,” sebut Rektor.

Samsul berharap, tiga fakultas di Unsyiah yaitu Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Keperawatan serta Fakultas Kedokteran Gigi untuk segera memiliki Guru Besar yang pertama kalinya.

Rektor mengaku optimis bahwa jumlah Guru Besar Unsyiah akan terdongkrak dengan tinggi pada tahun mendatang.

“Potensi ke arah itu masih sangat tinggi. Karena saat ini sebanyak 463 orang dosen sudah berjabatan Lektor Kepala, yaitu jabatan terakhir sebelum naik ke level guru besar,” kata Rektor.

Rektor mengapresiasi kepakaran dari ketiga Guru Besar Unsyiah yang baru ini. Misalnya kepakaran yang dimiliki Prof Mahidin di bidang sumber daya terbarukan, sebutnya, memang sedang menjadi perhatian dunia, seiring menipisnya energi minyak bumi.

Begitu pula dengan kepakaran Prof. Muhammad Adam, di mana UMKM memainkan peranan yang strategis dalam menunjang perekonomian serta membuka lapangan kerja di beberapa daerah, termasuk Aceh.

Sementara itu, sebut Rektor, kepakaran Prof Mohammad Andalas juga sangat menarik, karena topik kesehatan reproduksi masih menjadi salah satu isu penting dalam masyarakat. Hal ini didasarkan pada fakta bahwa angka kematian ibu dan angka kematian bayi di Indonesia masih cukup tinggi, tidak terkecuali di Provinsi Aceh.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,582FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU