Saturday, June 22, 2024
spot_img

Yuk, Minum Kopi Gelas Terbalik

MEULABOH | ACEHKITA.COM — Meminum kopi mungkin sudah biasa Anda lakukan. Apalagi Anda pecinta kopi, pasti akan menghabiskan secangkir kopi saban pagi atau petang. Namun, pernahkah Anda menikmati sajian kopi dalam gelas terbalik?

Radzie/ACEHKITA.COM
Radzie/ACEHKITA.COM
Tempat untuk menikmati sajian kopi dalam gelas terbalik tak gampang ditemui. Namun jika bertandang ke Meulaboh, tidak sah minum kopi jika belum mencoba kopi tubruk di warung “Fauzi Ibrahim” yang terletak di Jalan Iskandar Muda Desa Suak Ribee, Meulaboh, Aceh Barat.

Warung yang terletak di pinggir sungai ini, menyediakan kopi tubruk gelas terbalik sebagai menu utama. Saban hari, ratusan orang menghabiskan waktu menikmati kopi ini sembari menikmati aliran sungai dan hembusan angin.

Yang menjadi khas kopi ini adalah disajikan dalam gelas terbalik. Jadi, kopi yang masih berbubuk kasar itu dipanaskan di dalam gelas. Muka gelas kemudian ditutup piring kecil, lalu dibalik.

Radzie/ACEHKITA.COM
Radzie/ACEHKITA.COM
Dibekali pipet, kita akan meminum kopi itu dari pinggir piring. Jika tak terbiasa, kadang-kadang kita menganggap kopi di dalam gelas hanya menyisakan ampas bubuk saja. Eits, tunggu dulu.

“Untuk mengeluarkan airnya, kita harus tiup,” kata Junaidi, warga Meulaboh, kepada acehkita.com, Selasa (15/1/2013) sore lalu.

Junaidi lalu menghembuskan gelas kopi yang terlihat tidak berair lagi. Namun saat dihembus, pinggiran gelas dipenuhi air hitam pekat yang siap dilahap.

Cita rasa dan cara meminum kopi tubruk di warung Ibrahim Fauzi meninggalkan kesan tersendiri bagi pengunjung. Sebab, tempat duduk pun tidak berada di dalam ruangan.

Beberapa saung dibuat yang dilengkapi dengan bangku panjang. Nah, di situlah para pengunjung menikmati kopi sambil menikmati angin sepai-sepoi.

“Rasa kopinya pun lebih kental dan lezat,” sebut pria asal Aceh Utara tersebut.

Saban hari, warung Ibrahim Fauzi mampu menghabiskan lima hingga enam kilogram kopi. Pengunjungnya pun tak hanya berasal dari kawasan Kota Meulaboh. Bahkan, turis asing pun acap berkunjung ke warung ini.

“Banyak orang ke sini karena ingin minum kopi dalam gelas terbalik,” kata Maulana, yang lebih akrab disapa Ronald. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU