Friday, February 3, 2023
spot_img

Kasus Selfie Berujung Kematian

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Dua pengunjung Pantai Pasie Saka, Kecamatan Sampoiniet, Aceh Jaya, dilaporkan tewas terseret ombak, Ahad (17/4/2016). Dua perempuan asal Langsa ini terseret ombak –bersama seorang pria yang hingga kini jasadnya belum ditemukan– mengalami kecelakaan saat berfoto mandiri atau selfie.

Kedua korban meninggal bernama Maisya Sriyulia Rahmi, 25 tahun, dan Khairulia Rayali, 20 tahun, warga Kota Langsa. Sedangkan seorang lainnya belum ditemukan, bernama Iswandi.

Maisya dan Khairulia bukan korban pertama foto mandiri. TIME mencatat ada sejumlah kasus serupa di pelbagai belahan dunia, mulai dari Amerika Serikat hingga India.

“Selfie” tidak pernah dimasukkan dalam daftar penyebab kematian. Namun faktanya, berfoto selfie bisa merenggut nyawa seseorang. Kasus selfie penyebab kematian meningkat dalam dua tahun terakhit ini.

Website Priceonomics mentabulasikan bahwa ada 49 kasus selfie berujung kematian pada 2014.

Lebanon
Selfie pertama merenggut korban terjadi pada Januari 2014 yaitu kematian Mohammaf Chaar di Lebanon. Kejadian ini menjadi viral dan mudah ditemukan pada pencarian Google. Chaar tewas saat sedang selfie di Beirut –yang saat itu terjadi bom mobil. Saat dia selfie, bom mobil meledak.

India
Pada Januarin2015, tiga mahasiswa India tewas tertabrak kereta api. Mereka berfoto selfie sangat dekat dengan kereta api yang tengah meluncur kencang.

Setelah kejadian itu, Otoritas Mumbai mengeluarkan tanda “kawasan dilarang selfie”.

Rusia
Beberapa orang mengambil foto selfie untuk menunjukkan keberanian. Pada Januari 2015, dua tentara berpose dengan granat aktif. Tak disangka, granat meledak dan membunuh keduanya. Namun telepon genggam mereka selamat.

Drewsssik
Pengguna Instagram drewsssik, tewas setelah berupaya mengambil foto pose seperti dirinya tengah jatuh. Namun ternyata dia beneran jatuh dan tewas pada September 2015.

Spanyol
Pada Agustus 2015, David Lopez mencoba merayakan perhelatan adu sapi di jalanan Pamplona. Dia merayakan itu di lokasi berbahaya dan ditabrak sapi jantan saat sedang berfoto.

Washington, AS
Pria ini tewas setelah menembak wajahnya sendiri. Aksi itu diabadikan dengan selfie. Awalnya, ia menduga senjata itu kosong.

Nah, ternyata, foto selfie telah banyak merenggut nyawa banyak orang di pelbagai belahan dunia. Dua warga di Pasie Saka menambah panjang daftar kematian akibat selfie. []

FG

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,716FollowersFollow
23,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU