Kasus Covid-19 di Aceh Naik 35, Pasien Sembuh Bertambah 113

ilustrasi virus corona covid-19
Ilustrasi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Foto: Shutterstock

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Penularan virus corona di Aceh masih terus terjadi. Kasus positif Covid-19 mengalami kenaikan sebanyak 35 kasus baru pada Sabtu (17/4). Sementara dalam kurun waktu yang sama pasien sembuh dari Covid-19 bertambah 113 orang, dan satu kasus meninggal dunia.

“Banyaknya pasien yang sembuh setiap hari sangat kita syukuri, tapi penambahan kasus-kasus konfirmasi positif harian patut mendapat perhatian semua pihak,” kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Aceh Saifullah Abdulgani dalam keterangan tertulis Sabtu (17/4) malam.

Pria yang akrab disapa SAG itu menjelaskan, setiap penambahan satu kasus positif baru dalam masyarakat maka berpeluang munculnya tiga atau empat kasus baru berikutnya, dari hasil penelusuran (tracing) kontak eratnya. Sementara proses tracing itu dilakukan petugas, virus corona sudah jauh menyebar menjangkau korban-korban baru berikutnya.

Ia mengatakan, perlu kerja sama masyarakat dan tenaga kesehatan (Nakes) dalam menghadapi fenomena penularan virus corona. Tidak cukup hanya mengandalkan Nakes, karena virus corona bergerak jauh lebih cepat. “Petugas baru pakai sepatu, virus corona sudah menjangkau puluhan korbannya yang baru,” sebutnya.

Menurutnya, masyarakat sendiri harus lebih cekatan melindungi diri dan keluarganya dengan gerakan 5M yakni memakai masker dengan benar, mencuci tangan secara rutin di bawah air mengalir, menjaga jarak secara fisik, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilitas dan interaksi dengan orang lainnya.

“Masyarakatlah yang berada di garda paling depan melindungi diri, keluarga, dan secara bersama-sama menjaga keselamatan masyarakat di sekitarnya,” kata SAG.

Update Kasus Corona di Aceh

Selanjutnya, SAG menyampaikan, secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh sudah tercatat 10.257 orang per 17 April 2021. . Para penyintas yang sembuh dari corona telah mencapai 8.550 orang. Pasien masih dirawat (kasus aktif) 1.301 orang, dan kasus meninggal dunia 406 orang.

Ia menjelaskan, penambahan kasus baru sebanyak 35 orang meliputi warga Banda Aceh delapan orang, Langsa tujuh orang, Aceh Tamiang lima orang, Gayo Lues empat orang, dan warga Bireuen tiga orang. Kemudian warga Lhokseumawe, Pidie, Aceh Barat, dan Aceh Singkil masing-masing satu orang. Empat orang lagi warga luar daerah.

Sementara itu, lanjut SAG, 113 orang yang dilaporkan sembuh meliputi warga Banda Aceh sebanyak 72 orang, Aceh Tamiang 15 orang, Aceh Timur enam orang, Aceh Besar dan Bener meriah sama-sama lima orang. Kemudian warga Aceh Barat dua orang, Aceh Tengah dan Langsa sama-sama satu orang dan enam orang lagi dari luar Aceh.

“Satu orang meninggal dunia merupakan warga Kota Banda Aceh,” ujarnya. []

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.