Wednesday, December 8, 2021
spot_img

Kadinkes: Sudah 83,84 Persen Nakes di Aceh Terima Suntikan Vaksin COVID-19

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Aceh, dr Hanif, menyampaikan program vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes) di Aceh sangat menggembirakan. Dari total 56.470 ribu nakes yang mengabdi di seluruh fasilitas pelayanan kesehatan di Aceh, sebanyak 83,84 persen atau sebanyak 47.344 nakes telah menerima suntikan vaksin COVID-19 tahap pertama.

“Alhamdulillah, jumlahnya sangat menggembirakan. Sudah 83,84 persen nakes kita yang tersebar di seluruh Aceh telah menerima suntikan vaksin COVID-19 tahap awal. Jumlah ini melampaui angka vaksinasi nasional yang masih berada pada posisi angka 70 persen,” ujar Hanif dalam keterangannya usai menerima pembaruan data sementara vaksinasi Nakes dari seluruh kabupaten/kota, Sabtu (20/2).

Hanif menjelaskan, Banda Aceh menjadi daerah dengan persentase vaksinasi nakes tertinggi. Angkanya bahkan mencapai 110,8 persen. Sedangkan daerah terendah adalah Bener Meriah, yaitu sebesar 63,3 persen.

“Banda Aceh melampaui target, di atas 100 persen. Hal ini dikarenakan ada penambahan peserta dari sasaran target sebelumnya. Sebagai contoh, di awal program vaksinasi, para penyintas, lansia dan wanita hamil tidak direkomendasikan untuk mendapatkan suntikan vaksin, namun saat program ini berjalan kriteria di atas sudah diperbolehkan. Hal inilah yang berpengaruh pada persentase yang melebihi target awal. Sementara itu, Bener Meriah menjadi daerah dengan persentase terendah, yaitu sebesar 63,3 persen. Namun jumlahnya juga masih cukup bagus, karena sudah di atas 60 persen,” jelasnya.

Ia menyebut, meski di awal program vaksinasi nakes Aceh berjalan lambat, namun berkat arahan dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah, angka vaksinasi nakes Aceh hingga saat ini terhitung tinggi.

“Di awal program vaksinasi nakes, memang Aceh masih kurang menggembirakan. Namun setelah mendapat arahan dari Bapak Gubernur, vaksinasi berjalan lancar. Animo para nakes pun tinggi. Harus diakui, di awal program vaksinasi nakes ini kita menjalankan metode vaksinasi yang kurang tepat. Arahan dan petunjuk Pak Nova membuat kita semakin semangat. Apalagi, Pak Taqwallah selaku Sekda Aceh juga terjun langsung turun ke kabupaten/kota untuk memantau dan menyemangati para Nakes dan berbagi kisah sukses vaksinasi,” sebutnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,059FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU