Reza Juanda/ACEHKITA.COM

Reza Juanda/ACEHKITA.COM
Reza Juanda/ACEHKITA.COM

LHOKSEUMAWE | ACEHKITA.COM — Para jurnalis yang meliput di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe membagi-bagikan 4.000 masker kepada warga di kedua daerah tersebut, Ahad (20/9/2015).┬áPembagian ribuan masker itu dipusatkan di Simpang Kantor Pos Kota Lhokseumawe sejak Ahad pagi.

Pantauan acehkita.com, para jurnalis yang didukung Duta Wisata Kota Lhokseumawe, kader Pramuka, dan relawan Palang Merah Indonesia (PMI) Aceh Utara membagi-bagikan masker kepada setiap pengendara yang melintasi kawasan itu.

Pembagian masker ini dilakukan setelah kawasan itu mendapat kiriman kabut asap dari kebakaran hutan di Provinsi Riau dan Jambi. Sejak kemarin sore, asap kembali mengepung Aceh. Jarak pandang di Aceh Utara dan Lhokseumawe, sore kemarin, hanya 200 hingga 300 meter saja, sehingga mengganggu aktivitas warga dan bisnis.

Koordinator Aksi Rahmad YD menyatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat Lhokseumawe mengenakan masker saat keluar rumah untuk mencegah teridap gangguan infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) akibat kabut asap.

“Kita berharap pembagian masker ini dapat membantu masyarakat dan mengatasi dampak negatif dari kabut asap ini,” ujar Rahmad kepada acehkita.com.

Menurut Rahmat, masker ini merupakan sumbangan sejumlah kalangan, seperti PMI Aceh Utara, Koramil 22 Banda Sakti, dan patungan jurnalis di Aceh Utara dan Lhokseumawe.

“Kami mengimbau masyarakat untuk mengenakan masker saat beraktivitas di luar ruangan,” kata Rahmad. []

REZA JUANDA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.