Wednesday, July 6, 2022
spot_img

Jemaah Haji Aceh Kloter 2 Diberangkatkan ke Madinah, Satu Orang Ditunda

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Jemaah haji Kloter 2 Embarkasi Aceh telah lepas landas dari Bandar Udara Sultan Iskandar Muda menuju Madinah, Kamis (16/6/2022) siang.

Meski sempat tertunda selama 12 jam, pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300ER yang mengangkut 390 jemaah tersebut didorong mundur ke taxiway pukul 13.16 WIB untuk lepas landas ke Bandar Udara internasional Prince Mohammad bin Abdul Aziz (MED), Madinah.

Menurut Koordinator Humas dan Penerangan Petugas Penyelenggara Ibadah Haji Indonesia (PPIH) Embarkasi Aceh, Tajri bin Yakub, keterlambatan itu disebabkan adanya kendala teknis pada pesawat Garuda Indonesia tersebut.

“Jemaah kloter 2 harusnya berangkat ke Madinah Kamis (16/6) sekitar pukul 01.50 dinihari. Pesawat disebut tidak dapat diberangkatkan karena proses perawatan,” ujar Tajri kepada wartawan.

Ia menyebutkan, Kloter BTJ 02 terdiri dari 136 jemaah laki-laki dan 254 jemaah perempuan. Masing-masing dari Kabupaten Bireuen sebanyak 117 jemaah, dari Kota Banda Aceh 70 jemaah, Kabupaten Aceh Tengah 58 jemaah, Aceh Tenggara 57 jemaah, Bener Meriah 55 jemaah dan 28 jemaah dari Gayo Lues.

“Mereka didampingi lima petugas kloter dan seorang Pemandu Haji Daerah,” kata Tajri.

1 Jemaah Ditunda Keberangkatannya, 2 Orang Batal

Lebih lanjut, Tajri menyampaikan bahwa satu jemaah dinyatakan ditunda keberangkatannya bersama kloter 2 oleh Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh.

“Ada satu jemaah dari Gayo Lues yang ditunda keberangkatannya karena sakit, sekarang sudah dirujuk ke Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin untuk perawatan lebih lanjut. Kalau sudah dinyatakan layak terbang oleh KKP (Karantina Kesehatan Pelabuhan) akan diberangkatkan bersama jemaah kloter lain,” kata Tajri.

Tajri juga menambahkan, ada 2 lagi kursi kosong dalam kloter ini. “Totalnya ada 3 seat yang kosong. Satu karena ditunda, dua lagi memang kosong karena jemaah sudah batal berangkat karena sakit di daerah, tidak masuk ke embarkasi,” ujarnya.

390 jemaah yang dilepas keberangkatannya secara resmi oleh Bupati Bireuen, Muzakkar Agani, Rabu (15/6) sore kemarin, diperkirakan akan tiba di Madinah jam lima sore waktu setempat. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,547FollowersFollow
23,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU