Sunday, December 3, 2023
spot_img

Jemaah Haji Aceh Diberangkatkan ke Arafah untuk Wukuf

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sebanyak 2.022 jemaah calon haji asal Aceh yang sudah berada di Tanah Suci Makkah Al-Mukarramah sedang bersiap siap untuk melaksanakan puncak ibadah haji yaitu wukuf di Arafah.

Kabid PHU Kanwil Kemenag Aceh, Arijal, menyampaikan bahwa jemaah diberangkatkan menuju Arafah pada hari ini, Kamis (7/7/2022) sejak pagi hingga sore bersama seluruh JCH Indonesia lainnya. Adapun puncak haji 1443 H jatuh pada Jumat, 8 Juli 2022 bertepatan dengan 9 Zulhijjah 1443 H. Pada hari tersebut jemaah calon haji dari seluruh penjuru dunia berkumpul di sana untuk melaksanakan wukuf di Arafah.

“InsyaAllah jemaah haji Aceh siap menghadapi puncak haji, mulai hari ini sudah berangkat ke Arafah,” kata Arijal, Kamis (7/7).

Ia menyebutkan secara umum kondisi jamaah haji Aceh menjelang puncak haji dalam kondisi baik, sehat dan bersiap menyambut puncak haji. Namun ada juga beberapa jemaah yang kurang fit, mereka rata rata batuk dan pilek.

“Alhamdulillah kondisi jemaah haji Aceh dalam keadaan sehat dan ada beberapa jemaah yang kurang fit seperti batuk pilek, kita doakan semoga mereka segera pulih kembali, ada juga jemaah yang masih dirawat di KKHI Makkah, saat ini sedang menunggu keputusan apakah melaksanakan safari wukuf atau bisa bergabung dengan kloter,” ujarnya.

Arijal menjelaskan, dari sisi persiapan baik untuk manasik maupun administrasi seperti yang dianjurkan pemerintah Arab Saudi, telah disiapkan oleh petugas kloter dengan PPIH dan Maktab, seperti gelang warna biru yang diwajibkan bagi yang masuk Arafah, jemaah Aceh telah memiliki semua.

“Sebelumnya para petugas sudah mengikuti rapat persiapan jelang puncak haji bersama pihak maktab, PPIH Arab Saudi dan juga petugas kloter telah melaksanakan bimbingan kepada jemaah tentang persiapan menghadapi puncak haji,” kata Arijal.

Menurutnya, untuk persiapan Armuzna (Arafah, Mudzalifah, dan Mina), para petugas kloter bersama pihak maktab juga sudah meninjau lokasi di mana tenda masing-masing jemaah akan menetap, baik itu di Arafah maupun di Mina.

“Untuk tahun ini ada peningkatan pelayanan di Arafah dan Mina, kalau dulu tidak ada kasur, alhamdulillah tahun ini tenda-tenda tertata rapi dan tersedia kasur serta selimut,” ujarnya.

Selain itu, Arijal juga mengimbau kepada jemaah untuk senantiasa menjaga kesehatan, makan teratur, konsumsi buah buahan serta perbanyak minum, kemudian istirahat yang cukup dan membatasi aktifitas fisik yang berlebihan dan waspada cuaca ekstrem, kalau keluar agar menggunakan APD.

“Menurut informasi dari petugas kloter, jemaah Aceh diberangkatkan ke Arafah dengan menggunakan bus yang telah disiapkan bagi masing-masing maktab dengan jadwal yang telah ditetapkan,” tutup Arijal. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU