Friday, August 12, 2022
spot_img

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry Lantik 4 Pegawai ASN Fungsional

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kepala Biro Administrasi Umum, Perencanaan dan Keuangan (AUPK) Universitas Islam Negeri Ar-Raniry melantik empat pegawai aparatur sipil negara (ASN) dengan jabatan fungsional di lingkungan UIN Ar-Raniry, Banda Aceh. Pelantikan tersebut berlangsung di Ruang Kerja Karo AUPK UIN Ar-Raniry, Kamis (7/7/2022).

ANS yang yang dilantik terdiri dari Chory Puja Abdinur sebagai jabatan fungsional Arsiparis Ahli Pertama; Arief Rachman, Desi Afri Yanti, dan Rina Ridara, sebagai jabatan fungsional Pranata Komputer Ahli Pertama di lingkungan UIN Ar-Raniry.

Kepala Biro AUPK UIN Ar-Raniry, Ibnu Sa’dan, mengatakan, pelantikan ini merupakan yang pertama dalam sejarah, yakni dilakukan oleh Kepala Biro. Hal tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Agama RI Nomor 550 Tahun 2022 tentang Pemberian Kuasa Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Pegawai Negeri Sipil pada Kementerian Agama dan merujuk pada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2020 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Dalam KMA 550 Tahun 2022 tersebut bahwa Menteri Agama RI memberikan kuasa pengangkatan dan pemberhentian PNS pada Kementerian Agama kepada Pejabat sesuai dengan ketentuan sebagaimana tercantum dalam lampiran keputusan tersebut, salah satunya di Lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam,” ujarnya.

Ibnu Sa’dan menjelaskan, dalam KMA Nomor 550 Tahun 2022 disebutkan bahwa pejabat yang diberi kuasa di lingkungan perguruan tinggi adalah Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang membidangi Kepegawaian universitas dan institut. Pada UIN Ar-Raniry yang membidangi kepegawaian adalah Biro AUPK.

Ia menambahkan, pelantikan ini merupakan yang perdana dilakukan di lingkungan UIN Ar-Raniry setelah dikeluarkan KMA Nomor 550 tahun 2022.

Dalam amanatnya, Ibnu Sa’dan mengingatkan kepada ASN yang dilantik dengan jabatan dan tugas baru bahwa dalam prosesi pelantikan telah diambil sumpah jabatan, maka diingatkan bahwa sumpah tersebut akan diminta pertanggungjawaban yang bukan hanya kepada lembaga dan negara, juga di hadapan Allah.

“Kami berpesan kepada ASN dalam agar menjunjung tinggi estetika dan etika, selama ini kami pandang di lingkungan UIN Ar-Raniry sudah baik dan mari kita pertahankan dan tingkatkan yang lebih baik di masa mendatang, jagalah integritas sebagaimana diamanahkan dalam budaya kerja Kementerian Agama,” ujarnya. []

NAT RIWAT

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,582FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU