Wednesday, September 28, 2022
spot_img

Isi Kendi Nusantara dari Aceh: Tanah Kompleks Makam Iskandar Muda, Air Masjid Raya

KALTIM | ACEHKITA.COM – Gubernur seluruh Indonesia melakukan ritual pengumpulan tanah dan air untuk dimasukkan dalam kendi nusantara di titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Baru, Kalimantan Timur, Senin (14/3/2022). Prosesi itu dipimpin langsung Presiden Indonesia, Joko Widodo.

Gubernur Aceh, Nova Iriansyah menjadi orang kedua yang diberi kesempatan menyerahkan tanah dan air dari Aceh, setelah diawali Gubernur DKI Anies Baswedan. Tanah dan air yang dibawa Gubernur Aceh bersumber dari Makam Sultan Iskandar Muda dan tanah Museum Aceh serta air dari Masjid Raya Baiturrahman.

Nova mengatakan, Pemerintah Aceh mengambil tanah dari komplek Museum Aceh yang menyimpan peninggalan masa Kesultanan Aceh Darussalam. Kesultanan Aceh Darussalam mengalami masa kejayaan ketika dipimpin Sultan Iskandar Muda atau Sultan Meukuta Alam pada 1607-1636 M.

Sementara Air diambil dari Masjid Raya Baiturrahman, merupakan peninggalan Kerajaan Aceh yang menjadi simbol agama, budaya, dan perjuangan masyarakat Aceh.

Tanah Makam Sultan Iskandar Muda tersebut, kata Nova, mencerminkan kekuatan perjuangan dan keteguhan. Sementara, tanah Museum Aceh dan Air dari Masjid Raya Baiturrahman adalah dua bentuk kesadaran sejarah dan kekuatan ilahiah akan adanya keluhuran dan kepatuhan dalam beragama. “Diharapkan tanah dan air yang dibawa dari Aceh ini dapat menjadi kekuatan perjuangan dan kekuatan agama agar pondasi pendirian IKN nantinya menjadi kuat,” kata Gubernur Nova. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,611FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU