Thursday, August 11, 2022
spot_img

Ini 6 Lokasi Pemantauan Hilal Awal Ramadhan 1443 H di Aceh Jumat Besok

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Kanwil Kemenag Aceh menyiapkan enam lokasi pemantauan hilal atau rukyatul hilal penentuan 1 Ramadhan 1443 Hijriah. Keenam titik lokasi ini tersebar di sejumlah wilayah di Aceh.

Kepala Kanwil Kemenag Aceh Dr Iqbal mengatakan, pengamatan hilal dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Republik Indonesia di Jakarta pada Jumat (1/4/2022) besok.

“Aceh menyiapkan enam lokasi pengamatan pada 1 April nanti. Secara nasional, totalnya ada 101 lokasi pengamatan yang tersebar di seluruh wilayah di Indonesia,” ujar Iqbal di laman Kemenag Aceh yang dikutip acehkita, Kamis (31/3).

Iqbal menyebutkan, pengumuman hasil pengamatan hilal akan disampaikan langsung oleh Menteri Agama dalam sidang isbat tersebut setelah menerima hasil rukyatul hilal seluruh Indonesia.

Sementara itu, Ahli Falakiyah Kanwil Kemenag Aceh Alfirdaus Putra menyampaikan, hingga saat ini pihaknya terus melakukan persiapan jelang pemantauan hilal. Tim juga telah mempersiapkan sejumlah perangkat teleskop astronomi sebagai alat bantu dalam pemantauan hilal besok.

Ia menjelaskan, berdasarkan data yang dirilis ijtima awal Ramadhan 1443 H akan terjadi pada Jumat 1 April 2022 pukul 13.24 WIB bertepatan dengan tanggal 29 Syakban 1443 H.

“Pada hari tersebut, tinggi hilal pada Markaz Observatorium Tgk Chik Kuta Karang Lhoknga, Aceh Besar, berada pada 2,07 derajat di atas ufuk dengan posisi 2,47 derajat dari arah barat ke utara dengan elongasi sebesar 3,45 derajat,” ujarnya.

Sedangkan untuk kepastian tanggal 1 Ramadhan, tambah Alfirdaus, akan diumumkan langsung dalam sidang isbat di Jakarta oleh Menteri Agama pada 1 April besok setelah rukyatul hilal selesai dilaksanakan.

Menurutnya, apabila hilal terpantau di tanggal 1 April maka diperkirakan 1 Ramadhan 1443 H akan jatuh pada tanggal 2 April 2022. Tapi jika tidak terlihat, maka awal Ramadhan bisa saja jatuh pada tanggal 3 April 2022.

Berikut enam lokasi pemantauan hilal di Aceh pada Jumat (1/4) besok.

– Observatorium Tgk Chiek Kuta Karang, Lhoknga, Aceh Besar
– Tugu 0 KM, Kota Sabang
– Bukit Blang Tiron Perta Arun Gas, Lhokseumawe
– Pantai Lhokgeulumpang, Setia Bakti, Aceh Jaya
– POB Suak Geudubang, Aceh Barat
– Pantai Nancala, Teupah Barat, Simeulue. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,582FollowersFollow
23,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU