Saturday, June 15, 2024
spot_img

ICMSA 2023 Sukses Digelar di USK, Diikuti Lebih dari 400 Peserta secara Offline dan Online

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) berkolaborasi dengan International Statistical Institute (ISI) dan Forum Pendidikan Tinggi Statistika (FORSTAT) menyelenggarakan International Conference on Mathematics, Statistics and Their Applications (ICMSA) yang ke-18 pada 10-11 April 2023.

Mengangkat tema ‘Advancing Data Science in Accelerating Achievement of SDGs’, ICMSA 2023 telah sukses digelar selama dua hari di aula Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh.

Kegiatan ICMSA pada tahun 2023 ini diselenggarakan oleh Jurusan Statistika FMIPA USK dan secara teknis disponsori oleh IEEE Indonesia Section. Seminar internasional ICMSA 2023 dilaksanakan secara hybrid yaitu kombinasi antara offline (onsite) dan online melalui platform zoom yang juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Jurusan Statistika USK.

ICMSA 2023 Sukses Digelar di USK, Diikuti Lebih dari 400 Peserta secara Offline dan Online
Panitia 18th IMT-GT ICMSA 2023 Prodi Statistika FMIPA USK.

Program Studi Statistika FMIPA USK selaku Panitia 18th IMT-GT ICMSA 2023 dalam keterangan tertulis kepada acehkita pada Selasa (11/4) menyebutkan, terdapat tiga kegiatan utama dalam ICMSA 2023 yaitu plenary session, parallel session serta special session yang secara khusus merupakan hasil kerja sama antara Jurusan Statistika FMIPA USK dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Aceh.

Disebutkan, plenary session diisi oleh 3 keynote speakers yaitu Prof. Dr. Sebastian Vollmer dari University of Göttingen-Germany, Prof. Dr. Don McNeil dari Prince of Songkla University-Thailand dan Prof. Dr. rer. pol. Heri Kuswanto dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)-Indonesia.

Sementara parallel session dipresentasikan 45 artikel penelitian dari berbagai negara termasuk Indonesia, Malaysia, Thailand, Iran dan Uni Emirat Arab (UEA) yang terbagi dalam empat tema besar yaitu information sciences, artificial intelligent, data sciences dan computational & applied statistics.

Adapun special session menampilkan lima artikel terpilih dari penelitian mahasiswa yang berkaitan dengan data “Aceh Dalam Angka” yang dihasilkan oleh BPS Provinsi Aceh.

“ICMSA 2023 yang dilaksanakan oleh Jurusan Statistika FMIPA USK diikuti secara offline oleh lebih dari 300 peserta, sedangkan secara online diikuti lebih dari 100 peserta baik melalui platform zoom maupun kanal Youtube,” ujar Panitia 18th IMT-GT ICMSA 2023.

Dijelaskan, peserta yang hadir baik secara offline maupun online berasal dari berbagai negara dengan latar belakang yang beragam mulai dari akademisi, praktisi, mahasiswa hingga masyarakat umum lainnya.

“Seminar internasional ICMSA 2023 ini diharapkan mampu melahirkan terobosan dalam menjawab tantangan untuk mempercepat pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) terutama di negara Indonesia, Malaysia dan Thailand. Sebagai catatan, kegiatan ICMSA yang ke-19 selanjutnya akan dilaksanakan di negara Malaysia pada tahun 2024,” demikian Panitia 18th IMT-GT ICMSA 2023. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU