Tuesday, October 26, 2021
spot_img

Hasil SNMPTN 2021 Telah Diumumkan, 1.927 Peserta Lulus di USK

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 telah diumumkan pada hari ini, Senin (22/3) pukul 15.00 WIB. Sebanyak 1.927 peserta SNMPTN dinyatakan lulus di Universitas Syiah Kuala (USK), Darussalam, Kota Banda Aceh. Jumlah itu berdasarkan hasil seleksi SNMPTN yang mendaftar di USK tahun 2021.

Informasi kelulusan jalur SNMPTN 2021 telah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) melalui laman resmi LTMPT dan 28 laman mirror PTN. Untuk USK, informasi kelulusan SNMPTN 2021 juga dapat diakses melalui laman https://snmptn.unsyiah.ac.id.

Rektor USK Prof. Samsul Rizal menyebutkan, secara keseluruhan jumlah pendaftar SNMPTN untuk provinsi Aceh tahun ini berjumlah 15.290 orang. Dari jumlah tersebut, sebanyak 36,8 persen atau 5.626 orang berhasil lulus SNMPTN pada berbagai perguruan tinggi di Aceh.

“Jadi untuk USK, tahun ini kita menerima sebanyak 1.927 calon mahasiswa jalur SNMPTN, sebagian besarnya yaitu 92,26 persennya merupakan lulusan dari SMA/SMK/MA di Aceh,” ujar Samsul dalam keterangan tertulisnya, Senin (22/3).

Selain itu, ia menyebutkan bahwa pada SNMPTN kali ini salah satu program studi di USK yaitu Farmasi berhasil masuk peringkat empat besar, sebagai prodi saintek terketat atau yang paling diminati seluruh Indonesia.

“Ahamdulillah, kita patut bersyukur dan bangga karena hal ini setidaknya menunjukkan prodi di USK semakin diminati. Apalagi, prodi Farmasi ini berhasil mengungguli beberapa perguruan tinggi ternama di Indonesia,” kata Samsul.

Ia menambahkan, calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN diminta untuk mengikuti beberapa tahapan penting lainnya, seperti verifikasi data akademik. Untuk informasinya dapat dilihat pada website atau media sosial USK.

Sementara bagi peserta yang tidak lulus SNMPTN, Rektor USK selaku Wakil Ketua I LTMPT mengharapkan mereka untuk tidak patah semangat. Sebab mereka masih bisa mendaftar masuk perguruan tinggi melalui jalur lainnya, yaitu dengan mendaftar Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

Samsul meyampaikan, jadwal pendaftarannya telah dibuka mulai 15 Maret 2021 hingga 1 April mendatang. Informasi lengkapnya jalur SBMPTN tersebut dapat dilihat melalui laman ltmpt.ac.id.

“Untuk informasi lebih lanjut terkait proses seleksi masuk perguruan tinggi ini, peserta dapat melihatnya di website resmi LTMPT, dan apabila ada kendala selama proses pendaftaran atau lainnya dapat menghubungi helpdesk LTMPT atau Humas USK pada nomor 08116752000,” sebutnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,860FollowersFollow
22,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU