Monday, September 26, 2022
spot_img

Gempa Magnitudo 4,5 Getarkan Aceh Singkil

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Gempa bumi tektonik berkekuatan magnitudo 4,5 terjadi di Kabupaten Aceh Singkil. Gempa terjadi pada Jumat (9/10) pukul 12.57 WIB.

Berdasarkan informasi yang disampaikan Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, episenter gempa bumi pada koordinat 2.22 Lintang Utara dan 97.57 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 29 kilometer Barat Daya Kabupaten Aceh Singkil pada kedalaman 27 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas subduksi yang terjadi di Pantai Barat Pulau Sumatera,” jelasnya.

Ia menyebut, guncangan gempa tersebut dirasakan di wilayah Singkil, Subulussalam, Pulau Banyak, dalam skala intensitas III MMI, kemudian Kabanjahe dengan skala intensitas II MMI.

Djati Cipto menjelaskan, skala MMI III yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah atau seperti ada truk yang lewat. Sementara skala MMI II yakni getaran dirasakan beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

“Hingga pukul 13:50 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock),” sebutnya.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,603FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU