Gempa Berpotensi Tsunami Guncang Maluku Utara dan Sulut

0
1204
Ibnu GP/ACEHKITA.COM

JAKARTA | ACEHKITA.COM – Gempa bumi magnitudo 7,4 melanda perairan dekat Jailolo, Maluku Utara, dan Sulawesi Utara (Sulut) pada pukul 23.17 WIB. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan gempa itu berpotensi tsunami.

Tak lama setelah mengeluarkan rilis tersebut, BMKG kemudian memperbarui kekuatan gempa menjadi magnitudo 7,1.

Dilansir dari akun Twitter BMKG, Kamis (14/11), BMKG menyatakan pusat gempa berada di koordinat 1,63 derajat Lintang Utara dan 126,49 derajat Bujur Timur. Jarak pusat gempa sekitar 134 kilometer sebelah barat laut Jailolo. Kedalamannya mencapai 10 kilometer.

Saat ini belum ada laporan kerusakan akibat gempa tersebut. Namun gempa berpotensi tsunami ini membuat warga di Maluku Utara dan Sulawesi Utara panik. Sebagian besar dari mereka mulai menjauh dari bibir pantai.

Menurut saksi Yoseph Ikanubun, warga Manado sempat berlarian ke luar rumah akibat guncangan gempa dan peringatan waspada tsunami.

“Warga sempat panik dan keluar rumah terutama yang di pinggir pantai, tapi kini sudah kondusif. Warga yang di pantai sempat berlarian ke tempat tinggi dan bertahan setengah jam. Mereka membawa harta seadanya,” kata Yoseph saat diwawancara CNNIndonesia TV, Jumat (15/11).

Yoseph menyatakan sampai saat ini ketinggian muka air laut terlihat masih normal. Namun, dia menyatakan aparat tetap meminta warga waspada.

Sedangkan saksi Sahril Abdullah di Maluku Utara menyatakan gempa terasa sangat kuat. “Guncangannya terasa sangat kuat. Namun permukaan air laut terlihat masih tetap normal,” kata Sahril.

Menurut Sahril, petugas BPBD dan kepolisian masih melakukan patroli di pesisir pantai untuk mengevakuasi warga yang ingin menyelamatkan diri. []

CNN Indonesia

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.