Saturday, June 22, 2024
spot_img

Gampong Kuta Karang Gelar Gebyar Ramadan, Diikuti 74 Peserta

ACEHKITA.COM – Pemuda Gampong Kuta Karang, Kecamatan Darul Imarah, Aceh Besar, kembali menggelar Gebyar Ramadan guna meningkatkan semangat gemar membaca Al-Qur’an serta membentuk karakter islami masyarakat. Gebyar Ramadan 2024 ini berlangsung mulai 16 hingga 22 Ramadan 1445 H.

Keuchik Kuta Karang, Suria Husin mengapresiasi kepada kepemudaan atas kerja sama yang telah memprogramkan secara rutin kegiatan gebyar ramadan ini. Sebab, dengan kegiatan seperti ini dapat memberi ruang dan kesempatan bagi anak-anak untuk melatih diri dan tampil sesuai dengan kemampuan dan bidangnya masing-masing.

“Dalam Gebyar Ramadan ini telah disiapkan aneka cabang lomba, seperti azan, Tilawatil Quran, pidato, serta beberapa cabang lomba lainnya, untuk itu nantinya anak-anak kita dapat mempersiapkan diri serta dapat tampil maksimal di atas panggung,” ujarnya saat membuka acara, Selasa (27/3/2024) malam.

Suria menyebut, ada beberapa poin yang menjadikan gebyar ramadan tersebut penting dilaksanakan hingga di tingkat kemukiman Ulee Susu Kecamatan Darul Imarah ini, yakni di Gampong Kuta Karang ada beberapa (rumah) balai pengajian, selanjutnya ada dua dayah dan Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) Al-Jihad, yang mana santrinya datang dari berbagai gampong dalam kemukiman ini.

Menurutnya, hal lain yang juga sangat penting adalah kegiatan seperti ini dapat meningkatkan kembali semangat gemar membaca Al-Qur’an bagi masyarakat serta meningkatkan berbagai kemampuan lainnya bidang keislaman, ke depan diharapkan dapat membentuk karakter generasi muda yang islami dan berakhlakul karimah.

Ketua Panitia, Ahmad Farhan, mengatakan bahwa gebyar ramadan merupakan tahun ketiga yang dilaksanakan kembali setelah beberapa tahun vakum. Kegiatan ini juga telah menjadi program rutin kepemudaan gampong Kuta Karang. Peserta merupakan perwakilan dusun, namun pada tahun ini ada satu cabang diperlombakan tingkat kemukiman.

“Cabang yang diperlombakan pada gebyar ramadan 2024 ini antara lain Azan tingkat MI/SD dan MTs/SMP, Hafalan Juz Amma putra-putri MI/SD, lomba pidato putra dan putri tingkat MTs/SMP, lomba Tilawatil Qur’an dan Fahmil Qur’an. Khusus cabang lomba pidato putra-putri MA/SMA diikuti peserta perwakilan gampong dalam kemukiman ulee susu,” ujarnya.

Farhan merincikan, aneka cabang lomba tersebut diikuti oleh 74 peserta, terdiri dari 48 orang dalam aneka lomba, selanjutnya 18 orang peserta cerdas cermat dalam tiga kelompok putra dan tiga kelompok putri, sementara 8 orang lainnya merupakan peserta perwakilan gampong lain dalam kemukiman Ulee Susu.

Rangkaian kegiatan tersebut akan berlangsung selama enam hari, yakni 27 Maret – 2 April 2024, menghadirkan dewan hakim yang merupakan tokoh masyarakat Gampong Kuta Karang dan ustaz TPA Al-Jihad, yang pengalamannya sudah tingkat provinsi.[]

NAT RIWAT

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU