Monday, September 26, 2022
spot_img

Faris Dhamira, Santri Dayah Insan Qurani Juara 1 MTQ Virtual Liwet Sejagad 2022

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Santri Dayah Insan Qurani Aceh Besar kembali mengharumkan Aceh di kancah nasional. Kali ini, Faris Dhamira, santri kelas 3 MTs Insan Qurani berhasil meraih juara 1 pada ajang MTQ Virtual Tingkat Nasional Liwet Sejagad 2022 kategori anak-anak.

Dalam ajang MTQ Virtual Tingkat Nasional Liwet Sejagad 2022 ini, juara kedua untuk kategori anak-anak diraih oleh perwakilan Kalimantan Tengah, dan juara ketiga diraih oleh peserta dari Kalimantan Timur.

Pengumuman pemenang tersebut tertuang dalam lampiran surat keputusan majelis hakim nomor 001/DH-MTQ/Virtual/ULS001-KEP/2022 Tanggal 10 September 2022 tentang Penetapan Peserta Terbaik Musabaqah Tilawatil Quran Virtual Tingkat Nasional Liwet Sejagad 2022.

Keberhasilan santri pada ajang tingkat nasional ini disambut suka cita keluarga besar Dayah Insan Qurani dan menambah torehan prestasi santri Dayah Insan Qurani, Aceh Besar.

“Alhamdulillah santri kita Faris berhasil meraih juara 1 MTQ virtual Nasional 2022, selamat untuk anak kami telah mengharumkan Aceh dan juga Dayah Insan Qurani di kancah nasional, terima kasih atas dedikasinya,” ujar Pimpinan Dayah IQ, Ustaz Muzakkir Zulkifli, dalam keterangannya, Ahad (11/9).

Muzakkir menyampaikan MTQ Virtual ini diikuti puluhan qari dan qariah perwakilan setiap provinsi. Pada ajang ini, kata Muzakir, dimulai dengan proses babak penyisihan, kemudian yang lolos dari penyisihan diikutkan kembali pada babak final.

‚ÄúSelamat untuk anak kami, tetap semangat dan terus belajar, jangan berhenti di sini, jangan pernah merasa puas, tetaplah bersyukur dan rendah hati, dan mudah-mudahan capaian ini juga menjadi motivasi bagi santri lain,” ujarnya.

Ia menjelaskan bahwa Faris Dhamira merupakan santri yang berprestasi. Sebelumnya, putra dari pasangan Dr Mirzan Yusuf dan Raudhah, S.Ag ini juga beberapa kali meraih juara pada bidang tilawah dalam ajang MTQ tingkat provinsi dan kabupaten di Aceh.

Putra kelahiran Lamkawe, Aceh Besar, tercatat pernah menjadi juara 2 MTQ cabang Tartil Quran MTQ Provinsi Aceh di Pidie tahun 2019, juara 1 Musabaqah Azan Festival Anak Shaleh Tingkat Provinsi Aceh. Beberapa kali menjadi juara MTQ tingkat Kabupaten Aceh Besar kategori Tartil dan Tilawah kanak-kanak, dan pada ajang MTQ antar sekolah dan pesantren tingkat kabupaten dan provinsi, serta juara 1 MTQ Tingkat Penggalang MTQ Tunas Ramadhan Provinsi Aceh tahun 2019. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,603FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU