Thursday, December 2, 2021
spot_img

Dosen Keperawatan: Buang Stigma Buruk Terhadap Penderita Jiwa

ACEHKITA.COM | Banda Aceh – Dosen Keperawatan Keperawatan Universitas Syiah Kuala melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), di Sabang dengan tema ‘Intervensi Anti Stigma Terhadap Penderita Gangguan Jiwa di Masyarakat’.

Ketua Tim Pengabdian, Ns. Aiyub, M.Sc mengatakan pengabdian telah berlansung sejak Agustus 2018 lalu, dipicu tingginya stigma atau prasangka negatif terhadap penderita gangguan jiwa dalam masyarakat. “Secara tidak disadari prasangka negatif sering menyebabkan hubungan pasien dengan keluarga dan masyarakat menjadi sulit, sering memicu kekambuhan,” katanya Selasa 13 November 2018.

Menurutnya, kegiatan PKM dilakukan dalam beberapa tahapan, meliputi; seminar dan workshop antistigma, penyuluhan antistigma kepada masyarakat dan evaluasi kegiatan antistigma terhadap penderita gangguan jiwa.

Pengabdian memilih lokasi di Desa Cot Bak U dan Cot Abeuk, Kota Sabang, disambut positif oleh masyarakat setempat. Mereka bahkan meminta adanya campur tangan pihak pemerintah, agar lebih peduli terhadap penderita gangguan jiwa di masyarakat. “Dukungan keluarga, masyarakat dan pemerintah sangatlah berarti bagi kesembuhan mereka, juga membuang stigma negatif,” jelas Aiyub.

Dukungan masyarakat sangat membantu Perawat CHMN dan Kader Kesehatan Jiwa yang dilibatkan dalam pengabdian tersebut. Kegiatan juga mendapat sambutan baik dari Dinas Kesehatan Kota Sabang.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang, Dr Titik Yuniarti ikut meminta petugas kesehatan, kader kesehatan dan masyarakat secara bersama-sama untuk memperhatikan penderita gangguan jiwa dan keluarga mereka. “Hargailah mereka, karena mereka juga manusia, sama dengan kita pada umumnya.” []

 

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,962FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU