Anda Pecinta Kopi, Catat Tanggal Ini

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Bersamaan dengan panen raya kopi di dataran tinggi Gayo, Kabupaten Bener Meriah akan menggelar Festival Panen Kopi dalam rangkaian Gayo Alas Mountain International (GAMI) Festival 2018.

Mengusung tema ‘Melestarikan Budaya, Mensejahterakan Masyarakat’ Festival Panen Kopi 2018 akan digelar perdana pada 19 sampai 21 November 2018 di Kampung Rembele dan Seladang Café, Kabupaten Bener Meriah.

Plt. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Amiruddin mengatakan Festival Panen Kopi Bener Meriah melibatkan masyarakat, komunitas kopi dan Pemerintah Kabupaten Bener Meriah dengan berbagai rangkaian kegiatan menarik.

Menurutnya, hiburan yang dapat disaksikan pengunjung selama festival adalah Kopi dan Fashion Show di kebun kopi, Perempuan dan Entrepreneur, Kopi dan Fotografi, Kopi dan Masa Lalu, Lomba menyortir kopi dan Bazar serta ragam kegiatan unik lainnya. “Ini akan menjadi daya tarik wisata, pengunjung dapat melihat langsung kegiatan panen kopi,” kata Amiruddin, Selasa 13 November 2018.

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengatakan Festival Panen Kopi 2018 menjadi even menarik bagi pengunjung untuk datang dan belajar tentang bagaimana pengolahan Kopi Gayo yang dibuat dan diproses oleh para petani Gayo secara tradisional.

Festival bertujuan untuk melestarikan budaya masyarakat Gayo dalam mengolah kopi hingga menjadi salah satu yang terbaik di dunia. Kegiatan menarik karena pengunjung dapat merasakan pengalaman langsung, tidak hanya dalam memetik kopi, tapi juga menikmati Kopi Gayo di kebun Kopi dalam suasana alam yang sejuk.

Plt Bupati Bener Meriah, Tgk. Sarkawi mengharapkan penyelenggaraan Festival Panen Kopi di daerahnya dapat menjadi even tahunan. “Menjadi menu wisata yang baru di Bener Meriah,” katanya.

Dia mengatakan kegiatan menjadi alternatif pemasukan baru bagi masyarakat Gayo, khususnya Bener Meriah. “Ini saatnya pengunjung dapat menyaksikan kegiatan panen kopi berbalut budaya Gayo, sekaligus menikmati keindahan Gunung Burni Telong, ” ujar Sarkawi. []

 

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.