Buku Tokoh Perdamaian Aceh Diluncurkan di Hari Peringatan 15 Tahun Damai

Buku Tokoh Perdamaian Aceh Diluncurkan di Hari Peringatan 15 Tahun Damai
Buku tokoh perdamaian Aceh, Tgk Imam Syuja'. (Foto: Dok. Bandar Publishing)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Bertepatan hari peringatan 15 tahun damai Aceh, Bandar Publishing meluncurkan buku seri biografi tokoh Aceh Tgk. H. Imam Syuja’ Dari Ujung Pena Ke Ujung Lidah. Buku itu diluncurkan secara virtual melalui aplikasi Zoom yang disiarkan langsung (live streaming) dari Kantor Bandar Publishing di Lamgugob, Banda Aceh, melalui akun Facebook Bandar Publishing dan channel YouTube Labpsa TV, pada Sabtu (15/8) pukul 20.0 WIB.

Manager Bandar Publishing, Nurmasyithah mengatakan buku biografi Imam Syuja’ sudah sangat lama direncanakan terbit. Namun, baru saat ini dapat diterbitkan dalam momentum 15 tahun damai Aceh.

“Buku ini kami biaya penerbitan, sebagai wujud menghargai para penulisnya dan tokoh yang ditulis. Almarhum Imam Syuja’ telah banyak berkontribusi bagi damai Aceh, generasi berikutnya wajib mengetahui tokoh-tokoh Aceh sebagai ruang pembelajaran,” ujar Nurmasyithah, dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8).

Menurutnya, banyak tokoh Aceh yang telah berdedikasi untuk damai Aceh, yang perlu diingat oleh generasi sekarang. Buku menjadi media pengingat supaya fakta tidak menjadi dongeng suatu kelak nanti di Aceh.

15 Tahun Damai, Plt Gubernur: Perdamaian Kunci Penting Sukseskan Pembangunan Aceh

Ia menyebut, buku Imam Syuja’ tersebut ditulis oleh Murizal Hamzah dan Sadri Odang Jaya dengan editor Mashudi. Buku setebal 400 halaman itu terdiri dari lima bagian.

“Bagian satu membahas sepak terjang Imam Syuja’ dari Alue Bunot ke Kutaradja. Bagian kedua berjihad di Senayan. Bagian ketiga peran imam Syuja’ dalam mediator Perdamaian Aceh. Bagian keempat Imam Syuja’ dalam media. Sementara bagian terakhir testimoni dari sahabat-sahabatnya,” jelas Nurmasyithah.

Hadir sebagai pemantik diskusi pada peluncuran buku di antaranya M Adli Abdullah, Kamaruzzaman Bustamam Ahmad, Sulaiman Tripa, dan Murizal Hamzah. Acara peluncuran buku Imam Syuja’ didukung oleh Prodi Sosiologi Agama UIN Ar-Raniry, Yayasan Hurriah Aceh, Institute Peradaban Aceh dan Limpok Corner.

“Kini, buku biografi Imam Syuja’ ini dapat diperoleh di Toko Bandar Publishing, yang beralamat di Lamgugop, Kota Banda Aceh,” kata Nurmasyithah.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.