Besok Pagi, Museum Aceh Gelar Pameran Virtual ‘Pusaka Ceudah Keuneubah Maja’

0
209
Besok Pagi, Museum Aceh Gelar Pameran Virtual 'Pusaka Ceudah Keuneubah Maja'
Persiapan pameran bertajuk 'Pusaka Ceudah Keuneubah Maja' yang menampilkan sejumlah koleksi Museum Aceh. (Dok. Panitia)

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh melalui UPTD Museum Aceh menggelar Pameran Masterpiece bertajuk ‘Pusaka Ceudah Keuneubah Maja’ secara virtual, Senin (10/08/2020) besok, pukul 10.00 – 11.00 WIB. Siaran langsung (live streaming) pameran yang menampilkan sejumlah koleksi Museum Aceh ini dapat disaksikan memelalui akun Instagram dan channel YouTube Disbudpar Aceh.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Jamaluddin menyampaikan bahwa pameran tersebut bertujuan mengedukasi masyarakat Aceh dan Indonesia umumnya mengenai warisan peradaban Aceh melalui pameran karya-karya masterpiece peninggalan Aceh tempo dulu.

Pameran bertajuk ‘Pusaka Ceudah Keuneubah Maja’ ini dibagi dalam tiga kegiatan, diawali talkshow pembukaan yang menghadirkan pembicara Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin dan anggota Komisi X DPR RI/Penasehat Amida Aceh Illiza Sa’aduddin Djamal.

Berikutnya Tur Virtual yang dibawakan pemandu museum, yang kemudian diakhiri talkshow interaktif yang diisi oleh kolektor benda bersejarah Aceh Harun Keuchik Leumik dan arkeolog/sejarawan Aceh Dr Husaini Ibrahim.

Sementara Kepala UPTD Museum Aceh Mudha Farsyah mengatakan, setidaknya ada 67 benda koleksi Museum Aceh yang dipamerkan. Diantaranya terdiri atas pakaian adat, perhiasan, ukiran, naskah kuno, perkakas, senjata, perhiasan, mata uang, hingga lukisan kaligrafi.

“Ini bagian dari pameran temporer Museum Aceh yang biasanya digelar setahun sekali guna menampilkan koleksi yang jarang dipamerkan pada hari biasa. Tahun ini karena masih dalam masa pandemi covid-19, kita menggelar event secara virtual,” ujar Mudha dalam keterangannya, Minggu (9/8).

Dirinya mengharapkan seluruh masyarakat Aceh khususnya dari anak-anak hingga orang tua, dapat mengagendakan waktu hanya satu jam saja untuk menyaksikan pameran yang diselenggarakan secara virtual tersebut. “Ini event edukasi yang penting sekali bagi generasi Aceh ke depan,” sebutnya.

View this post on Instagram

Ini dia, event virtual yang ditunggu-tunggu. 😍 ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Museum Aceh menghadirkan #PameranMasterpiece Koleksi #MuseumAceh bertajuk "Pusaka Ceudah Keuneubah Maja". 🏛Setidaknya ada 60-an mahakarya warisan #peradaban Aceh yang dipamerkan. Saksikan Live Streaming di Instagram @disbudpar_aceh dan YouTube disbudparaceh pukul 10.00-11.00 wib. Catat ya, besok. HANYA satu jam.  ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ 𝗠𝘂𝘀𝗲𝘂𝗺 𝗔𝗰𝗲𝗵 𝗱𝗶 𝗛𝗮𝘁𝗶𝗸𝘂 Stay selalu di halaman @museum.aceh @disbudpar_aceh  @acehtourism.trave @lindungibudaya 𝗞𝗲𝗻𝗮𝗹𝗶 𝘀𝗲𝗷𝗮𝗿𝗮𝗵 𝗮𝗴𝗮𝗿 𝘁𝗮𝗸 𝘀𝗮𝗹𝗮𝗵 𝗺𝗲𝗹𝗮𝗻𝗴𝗸𝗮𝗵 ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ Like, comment, & share postingan ini ya 😄 ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ #MuseumAceh #MuseumTerbaik #TurVirtual ㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤㅤ #MuseumIndonesia #PameranSejarah #MasterpieceAceh #WisataAceh #BudayaAceh #SejarahAceh #VirtualTour #WarisanBudaya

A post shared by Museum Aceh (@museum.aceh) on

Mudha menyebut, selain penting bagi masyarakat yang haus event di masa pandemi Covid-19 saat ini, pemirsa yang menyaksikan pameran virtual tersebut juga berkesempatan meraih hadiah unik dari Museum Aceh.

“Panitia sudah menyiapkan koleksi naskah kuno, Safinatul Hukkam fi Takhlish al Khassham karya Faqih Jalaluddin dan Tanbih al-Ghafilin karya Syekh Jalaluddin Lam Gut kepada 15 orang yang beruntung,” ujarnya.[]

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.