Friday, July 12, 2024
spot_img

Begini Cara Menentukan Arah Kiblat Salat

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Secara astronomi, matahari akan melintasi tepat di atas Kakbah pada Jumat (15/7/2016) pukul 16.27 WIB. Fenomena ini (rashdul kiblat) bisa digunakan untuk menentukan atau merevisi arah kiblat salat agar benar-benar menghadap ke Kakbah. Lantas, bagaimana cara menentukan arah kiblat?

Seperti dikutip acehkita.com dari situs Nahdlatul Ulama, rashdul kiblat terjadi dua kali pada tahun 2016 ini, yaitu pada 27 Mei lalu dan Jumat sore ini (15/7). Ini menjadi momentum bagi umat Islam untuk mengetahui arah kiblat secara akurat dengan hanya berdasarkan bayangan yang dihasilkan sinar matahari.

Fenomena matahari tepat berada di atas Kakbah atau waktu salat zuhur di Mekkah, terjadi pada sore hari di Indonesia. Akibatnya, arah bayangan menuju ke timur. Nah, arah kiblat adalah garis yang ditarik dari ujung bayangan ke pangkal benda (ke arah barat sedikit serong ke utara).

Mengukur arah kiblat bisa dilakukan dalam beberapa cara. Seperti dilansir situs kemenag.go.id, langkah pertama adalah memastikan benda yang menjadi patokan benar-benar tegak lurus. Hal ini bisa digunakan bandul sebagai alat bantu.

Langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa permukaan dasar tanah datar dan rata, sehingga bayang yang dihasilkan tidak bergelombang.

Ketiga, waktu pengukuran harus disesuaikan dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, Radio Republik Indonesia, atau Telkom agar benar-benar tepat dengan momentum rashdul kiblat.

Cara lain bisa dilakukan menggunakan kompas atau teodolit.

Menurut situs NU, batas toleransi pengukuran kiblat ini berlangsung selama dua menit. []

Redaksi
Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,800SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU