Sunday, December 5, 2021
spot_img

Banjir di Aceh Jaya Meluas, Ratusan Rumah Terendam

BAND ACEH | ACEHKITA.COM – Banjir yang melanda wilayah Kabupaten Aceh Jaya meluas akibat luapan Sungai Krung Masin yang terjadi setelah hujan turun dengan intensitas tinggi pada Sabtu (10/7). Hal ini sebagaimana disampaikan Abdul Muhari, Plt. Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB.

Abdul Muhari mengatakan, berdasarkan laporan dari Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Jaya, sebanyak kurang lebih 262 unit rumah terendam banjir dengan Tinggi Muka Air (TMA) 20-70 sentimeter.

“Banjir tersebut juga telah berdampak pada 452 jiwa yang tinggal di dua desa dan enam gampong di Kecamatan Darul Hikmah,” ujar Muhari dalam keterangan tertulis, Minggu (11/7).

Ia merincikan, wilayah yang terdampak banjir tersebut meliputi Desa Lam Tengoh, Desa Panton Krueng, Gampong Baro, Gampong Alue Gajah, Gampong Gunong Cut, Gampong Ujong Rimba, Gampong Sayeung dan Gampong Babah Dua.

Muhari menyebut, BPBD Kabupaten Aceh Jaya telah meninjau lokasi, melakukan kaji cepat dan membantu proses evakuasi para warga yang terdampak bersama tim gabungan dari lintas instansi terkait.

“Dalam hal ini, kebutuhan yang mendesak di lapangan adalah sembako bagi para warga terdampak,” sebutnya.

Ia menyampaikan, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa. Cuaca masih dilaporkan berawan hingga hujan dengan intensitas ringan dan banjir belum surut.

Sementara itu, berdasarkan hasil prakiraan cuaca yang dikeluarkan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), wilayah Aceh masih berpotensi terjadi hujan lebat dan dapat disertai kilat/petir serta angin kencang hingga Selasa (13/7).

Selain di Aceh Jaya, hujan dengan intensitas tingga juga dilaporkan memicu terjadinya banjir di wilayah Kabupaten Aceh Besar. Data BPBD Aceh Besar pada Minggu (11/7) pukul 08.20 WIB menyebutkan banjir berangsur surut namun genangan masih terjadi di beberapa titik.

Muhari melaporkan, pihak BPBD Aceh Besar masih melakukan pendataan warga yang masih mengungsi di tempat kerabat. Sebelumnya tercatat 56 KK mengungsi dan sekitar 401 KK terdampak akibat banjir tersebut.

Hingga saat ini hujan masih mengguyur wilayah Kota Banda Aceh dan daerah sekitarnya. []

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,973FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU