Friday, December 3, 2021
spot_img

Baitul Mal Aceh Bangun Huntara untuk Korban Kebakaran di Lam Hasan

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Isma Wati (35 tahun), Ibu tunggal 2 anak korban kebakaran di Gampong Lam Hasan Kecamatan Peukan Bada, Aceh Besar, kembali menerima bantuan dari Baitul Mal Aceh (BMA). Kali ini, bantuan yang diberikan berupa satu unit hunian sementara (huntara), yang akan dibangun dengan dana zakat senif gharimin sebesar Rp25 juta.

Huntara ini merupakan bantuan tahap lanjut dari Baitul Mal Aceh. Sebelumnya, pasca musibah yang menghanguskan seluruh harta bendanya pada Rabu (17/2/2021) lalu, Isma Wati juga menerima bantuan masa panik sejumlah Rp3 juta dari BMA.

“Bantuan awal kita tujukan untuk membantu keluarga beliau di masa panik. Kemudian, tim amil turun untuk mengkaji kondisi faktualnya lebih lanjut. Dari hasil kajian itu kita putuskan untuk membangun huntara ini,” kata Anggota Badan BMA, Mukhlis Sya’ya, Kamis (25/3/2021).

Pembangunan huntara dilakukan setelah mempertimbangkan keadaan Isma Wati yang berstatus sebagai ibu tunggal dua anak, memiliki penghasilan di bawah upah minimum regional, belum memiliki hunian pribadi, harta bendanya terbakar habis, serta tidak memiliki sanak keluarga yang mampu menyediakan tempat tinggal.

“Rumah yang ia tempati saat musibah terjadi adalah rumah sewa kategori shelter. Isma Wati memiliki sepetak tanah atas nama pribadi yang dapat digunakan sebagai lahan huntara,” kata Mukhlis.

Kabag Pemberdayaan BMA, Arif Arham, mengatakan proses pembangunan tidak ditangani langsung oleh Baitul Mal Aceh. Skema bantuan yang diterapkan adalah memberikan dana tunai yang ditransfer langsung ke rekening mustahik (penerima manfaat). Dana disalurkan dalam dua tahap, 50% sebelum pembangunan dan 50% sisanya setelah huntara selesai. Mustahik menggunakan dana tersebut untuk membangun huntara secara swadaya.

“Untuk memastikan dana tersebut berdampak secara optimal, BMA bermitra dengan aparat desa dan menunjuk geusyik setempat sebagai pengawas langsung,” ujar Arif.

Sementara itu, Isma Wati mengaku sangat membutuhkan huntara ini. “Saat ini saya menumpang di rumah warga yang kebetulan kosong. Tapi sebentar lagi pemiliknya mau pulang. Syukur ada huntara ini, sudah tahu kami mau pulang ke mana nanti,” ucap Isma Wati.

Pembangunan huntara baru dimulai dan ditargetkan dapat ditempati oleh Isma Wati bersama anak-anaknya sebelum bulan suci Ramadhan [Ril].

Redaksihttp://www.acehkita.com
ACEHKITA.COM hadir sejak 19 Juli 2003. Kami bisa dihubungi via @acehkita, redaksi[at]acehkita[dot]com

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
20,966FollowersFollow
22,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU