Saturday, June 15, 2024
spot_img

Assalamu’alaikum, Tari Saman Aceh Buka Upacara Asian Games 2018

JAKARTA | ACEHKITA.COM — Upacara pembukaan Asian Games 2018 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta pada malam ini, Sabtu (18/8), sungguh spektakuler. Tari tradisional Aceh, Tari Saman (Saman dance), dalam gelaran kolosal mengawali upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia 2018 itu.

“Assalamu’alaikum…” mengawali tarian Saman yang dibawakan 1.600 penari perempuan dari kalangan pelajar 18 SMA se-Jakarta di bawah arahan koreografer Denny Malik, yang diiringi musik ribuan musisi di bawah arahan komposer Addie MS dan Ronald Steven. Mereka telah berlatih selama 126 hari dan menghabiskan 231.000 botol air minum serta 38.500 porsi makanan dalam rangka memberikan sebuah pertunjukan kolosal yang tidak bisa dilupakan tersebut.

Penampilan Tari Saman kolosal itu menyuntikkan semangat para penonton yang memadati Stadion GBK. Gerak rancak dan serempak para penari memukau para tamu. Tepuk tangan dan teriak kegirangan para penonton membahana seakan tak terbendung.

Seusai lagu Tari Saman itu, kemudian penonton dimeriahkan juga dengan lagu daerah Aceh lainnya yaitu lagu Bungong Jeumpa. “Bungong jeumpa, bungong jeumpa, meugah di Aceh, bungong teuleubeh teuleubeh indah lagoina…” semakin menambah keseruan upacara pembukaan Pesta Olahraga Asia ke-8 yang berlangsung di Indonesia.

Tari Saman sudah ditetapkan dan diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda sejak 24 November 2011 lalu, dengan kriteria warisan budaya yang memerlukan perlindungan mendesak.

Asian Games 2018 di Indonesia akan berlangsung selama 18 Agustus hingga 2 September 2018, di dua kota yaitu Jakarta dan Palembang. Pesta Olahraga Asia 2018 ini diikuti oleh 11.280 atlet dari 45 negara yang mempertandingkan 40 cabang olahraga.[]

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,903FollowersFollow
24,700SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU