Tuesday, October 4, 2022
spot_img

Asian Games 2018: Jelang Upacara Penutupan, Indonesia Raih 98 Medali

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM — Menjelang upacara penutupan atau closing ceremoni Asian Games 2018 yang akan digelar pada Minggu (2/9) sore hingga malam hari bertempat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Indonesia sebagai tuan rumah sudah mengoleksi 98 medali.

Dari keseluruhan 98 medali itu, Indonesia berhasil meraih 31 medali emas, 24 perak dan 43 perunggu. Cabang pencak silat menjadi penyumbang medali emas terbanyak bagi Indonesia dengan jumlah 14 emas.

Perolehan 31 medali emas oleh kontingen Indonesia di ajang Asian Games ke-18 sudah melampaui target yang ditentukan oleh Presiden Joko Widodo, yaitu 17 emas dan masuk peringkat 10 besar Pesta Olahraga Asia 2018.

Medali emas ke-31 Indonesia berhasil dipersembahkan oleh tim sepak takraw dari nomor quadrant putra. Perolehan medali emas dari cabang sepak takraw tersebut di Asian Games merupakan kali pertama bagi Indonesia. Tim quadrant sepak takraw Indonesia membuat kejutan di laga final setelah sukses mengalahkan Jepang.

Usai pertandingan, dikutip dari laman Kemenpora, Pelatih tim sepak takraw Indonesia, Asry Syam menyampaikan rasa syukur dan terima kasih terhadap dukungan masyarakat yang memberi semangat selama pertandingan. Medali emas yang diraih tim quadrant kali ini menurutnya bagian dari sejarah perjalanan sepak takraw di Indonesia.

Closing Ceremony Asian Games 2018
Sejalan dengan slogan ‘Energy of Asia’ yang diusung oleh gelaran Asian Games ke-18, upacara penutupan atau closing ceremony disebut-sebut juga bakal memberikan kejutan layaknya pada upacara pembukaan. Upacara penutupan di SUGBK malam nanti dipastikan akan menjadi pertunjukan seni dan budaya yang menampilkan ragam budaya kebanggaan Indonesia, yang akan dimeriahkan oleh ribuan seniman mulai dari penari, musisi dan seniman.

Selain Wishnutama selaku direktur kreatif untuk seremoni pembukaan dan penutupan Asian Games 2018 dan koreografer Eko Supriyanto, upacara penutupan ajang olahraga terbesar Asia ini juga didukung oleh koreografer Denny Malik, musisi Addie MS dan Ronald Steven, dan tata busana Rinaldi Yunardi dengan Dynand Fariz, hingga seniman legendaris Indonesia, Sunaryo.

Susunan Acara Penutupan
Adapun sususan acara Closing Ceremony Asian Games 2018 dimulai dengan preshow pada sore hari, kemudian dilanjutkan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, lantas penampilan kreatif marching band dilanjutkan dengan parade kebangsaan semua negara peserta Asian Gamess 2018 dimulai dari Afghanistan dan diakhir oleh atlet delegasi Indonesia.

Setelah parade atlet disertai video highlight cabang-cabang olahraga, berikutnya akan disampaikan pidato oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, dan kemudian dilakukan penutupan oleh Presiden Dewan Olimpiade Asia (OCA) Sheik Ahmad Al-Fahad Al-Sabah disertai penurunan bendera OCA.

Setelah itu, akan dilakukan pemadaman Api Asian Games dijadwalkan pada pukul 20.04 WIB. Terakhir Closing Ceremony Asian Games 2018 bakal dimeriahkan dengan pertunjukan musik dan tari: Gigi, Siddarth Shathia, Denada, iKON, Siti Badriah, Winky Wiryawan, Jevin Julian, RAN, BCL, JFlow, Dira Sugandi, Super Junior, Alffy Rev, Ade Govinda, Irfan Samsons, Afgan, Onframe dan JFC.[]

 

Baca Tulisan Lainnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Stay Connected

0FansLike
21,617FollowersFollow
23,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -

TERBARU