AMSI Aceh Terbentuk, Maimun Saleh Terpilih Sebagai Ketua

0
163
Foto: Dok. AMSI Aceh

BANDA ACEH | ACEHKITA.COM – Sejumlah pemilik media siber di Aceh yang tergabung dalam organisasi Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Aceh menggelar Konferensi Wilayah I di Sekretariat anterokini.com di Peunayong, Banda Aceh, Sabtu (11/7/2020).

Media tersebut adalah masakini.co, anterokini.com, acehsatu.com, metroaceh.com, portalsatu.com, bakkata.net, dialeksis.com, samudrapost.com, layarberita.com, kabartamiang.com, dan sinarpost.com.

Konferensi ini digelar untuk memilih kepengurusan AMSI Wilayah Aceh Priode 2020-2023. Hasil musyawarah, memutuskan Maimun Saleh sebagai Ketua. Dia adalah mantan jurnalis acehkita.com, dan juga mantan Ketua AJI Banda Aceh periode 2013-2015.

Sementara Uzair yang juga anggota AJI Banda Aceh, terpilih sebagai Sekretaris, dan Aryos Nivada diangkat sebagai Bendahara.

Lewat meeting virtual, agenda konferensi dipandu langsung oleh Ketua Umum AMSI, Wenseslaus Manggut; Sekjen AMSI Wahyu Dhyatmika, dan Korwil Sumatera AMSI, Agus Perdana.

Wenseslaus Manggut, mengatakan AMSI sudah teregistrasi di Dewan Pers sebagai lembaga asosiasi media siber di Indonesia. AMSI didirikan sebagai wadah media digital yang peduli terhadap konten yang akurat, berimbang, tidak berniat buruk dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Terbentuknya AMSI diharapkan dapat menciptakan forum diskusi dan mempererat relasi antar industri media. AMSI juga diharapkan bisa menerapkan standarisasi perusahaan media digital yang disesuaikan dengan tumbuh kembangnya industri digital di Indonesia,” katanya.

Sementara Sekjen AMSI, Wahyu Dhyatmika mengatakan kepengurusan AMSI harus solid untuk memajukan organisasi. “Dalam memilih pengurus juga harus melihat latar belakang (trackrecord) dari calon anggota atau pengurus yang bersangkutan,” pesannya.

Selain itu, kata Wahyu, semua media yang tergabung dalam AMSI dapat berkolaborasi dan bisa saling sharing konten, sehingga akan mendorong jurnalisme yang adaptif terhadap perkembangan teknologi dan melindungi dari praktik-praktik digital yang dapat merugikan media siber di Indonesia.

Kepengurusan AMSI Wilayah Aceh dijadwalkan akan dilantik pada Agustus 2020 medatang. Pelantikan ini direncanakan akan dihadiri oleh pengurus AMSI Nasional. []

Berikut susunan lengkap pengurus AMSI Wilayah Aceh periode 2020-2023.

Majelis Etik:
Adi Warsidi
Otto Syamsuddin Ishak
Saiful Mahdi
T Kemal Fasya
Rahmat Saputra

Ketua Umum: Maimun Saleh (masakini.co)
Sekretaris: Uzair (anterokini.com)
Bendahara: Aryos Nivada (dialeksis.co)

Badan Pertimbangan Organisasi:
Murthalamuddin (portalsatu.com)
Muzakir (sinarpost.com)
Bahrul Walidin (metroaceh.com)

Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan: Yusmadi Yusuf (acehsatu.com)
Ketua Bidang Advokasi dan Hukum: Agam Khalilullah (samudrapost.com)
Ketua  Bidang Pendanaan dan Usaha:  Muhammad Hendra Vramenia (kabartamiang.com)
Ketua Bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengembangan: Masriadi Sambo (bakata.net)
Ketua Bidang Hubungan Eksternal: Agustiar (layarberita.com)

ACEHKITA.COM menerima bantuan dana dari Google News Initiative (GNI) melalui program Journalism Emergency Relief (JER) Fund sebesar US$5.000

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.